Sukses

Zulkifli Hasan Ingin PAN Jadi Partai Milik Anak Muda: Kalau Menyeramkan Milenial Jadi Takut

Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan mengatakan, partainya akan terus mengandeng anak muda sehingga tak mau membuat PAN terkesan seram bagi kaum milenial.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan mengatakan, partainya akan terus mengandeng anak muda sehingga tak mau membuat PAN terkesan seram bagi kaum milenial.

Hal ini diungkapkannya dalam acara rangkaian HUT PAN yang mengadakan lomba rakyat dengan tajuk "PANtura" alias PAN Turnamen yang diadakan di Jakarta Rabu 30 Agustus 2023.

Karena itu, pria yang akrab disapa Zulhas ini mengatakan, partainya terbuka untuk siapa saja. Di sisi lain, dengan PAN Turnamen itu menggambarkan politik tidak menakutkan, sehingga anak muda mau terjun ke dunia politik.

"Agar anak-anak muda, kalau partainya menyeramkan kan nanti milenial yang muda takut. Apalagi kalau ditakut-takuti," kata dia dalam keterangannya yang ditulis Kamis (31/8/2023).

Pria yang duduk sebagai Menteri Perdagangan itu juga menjelaskan, berpolitik tidak boleh saling menjatuhkan atau tebar kebencian. Sebaliknya, harus saling menghormati dan mecintai satu sama lain untuk mewujudkan memajukan Indonesia.

"Harus saling menghormati, saling mecintai satu sama lain. Itu tujuan kita untuk ingin memajukan Indonesia," ungkap Zulhas.

Dia juga menjelaskan, menjadi partai terbuka artinya menampilkan karakter asli PAN dan memperlakukan semua kadernya sama tanpa memandang bulu.

"Sekali lagi kita menampilkan sejatinya, aslinya, karakter aslinya partai," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PAN Beri Ruang Lebih Bagi Kelompok Perempuan

 

Ketua Bidang Penggalangan Suara Perempuan Komite Pemenangan Pemilu Nasional (KPPN) PAN, Intan Fauzi, mengatakan bahwa PAN merupakan partai politik di parlemen yang mengusung perempuan terbanyak dalam Pileg 2024. Ia mengamini pernyataan Ketua Panitia HUT PAN Ke-25, Zita Anjani, dalam pidatonya di acara Pembukaan Hari Ulang Tahun PAN di Jakarta.

“Dari data KPU RI, caleg perempuan PAN tercatat 37,2 persen di Pemilu 2024 dan tersebar di 84 daerah pemilihan di Indonesia. Secara keseluruhan, dari prosentase itu tercatat ada 216 caleg perempuan dari total 580 caleg PAN, sehingga PAN menjadi partai dengan prosentase tertinggi yang menempatkan caleg perempuan dibandingkan seluruh Parpol yang ada di Parlemen," kata Intan seperti dikutip dari siaran pers diterima, Kamis (31/8/2023).

Dalam rangkaian HUT PAN Ke-25 yang digelar di Jakarta, Senin 28 Agustus 2023, PAN secara resmi juga menggelar Deklarasi Perempuan Politik PAN sebagai bentuk komitmen keberpihakan PAN terhadap kaum perempuan. Pada Deklarasi Perempuan Politik tersebut, PAN menampilkan 12 orang perwakilan perempuan ke panggung perayaan HUT PAN Ke-25 sebelum dilanjutkan Pidato Politik Ketum Zulkifli Hasan.

"Dalam pidatonya Ketua Umum PAN Zulhas menegaskan kembali bahwa PAN sebagai partai inklusif memberikan kesempatan besar bagi kader perempuan," jelas Intan Fauzi.

Penampilan ke-12 perwakilan perempuan ini diharapkan bisa menjadi contoh bagi perempuan Indonesia. Ada tujuh Anggota Legislatif Perempuan dari PAN yang duduk di parlemen, dua pimpinan di DPRD, Bupati dan Wali Kota perempuan yang disebutkan Zita dalam penyampaian pidato dihadapan seluruh Anggota Legislatif se-Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.