Sukses

Bertemu Jokowi, Surya Paloh Bilang Suasana Politik Dingin-Dingin Saja

Pratikno yang ikut dalam pertemuan mengatakan Surya Paloh tidak menyampaikan kepada Jokowi soal isu duet Anies Baswedan dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengungkapkan isi pertemuan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis 31 Agustus 2023. Dalam pertemuan yang berlangsung 30 menit itu, Jokowi dan Surya Paloh tak membahas soal koalisi pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Bahkan, kata dia, Surya Paloh menyampaikan kepada Jokowi bahwa suasana politk menjelang Pilpres 2024 adem-adem saja. Surya Paloh juga mengatakan tak ada yang perlu dikhawatirkan.

"Enggaklah (bahas koalisi). Sama sekali tidak ada. Koalisi kan urusannya partai. Waktu itu, maaf, kemarin itu topik pembicaraannya itu ringan-ringan saja dan Pak Surya itu menyampaikan suasana politik itu dingin-dingin saja tidak ada yang perlu dikhawatirkan gitu," jelas Pratikno dalam keterangannya dalam sebuah video, Jumat (1/9/2023).

"Ya hanya itu, tidak ada pembicaraan tentang koalisi parpol dalam Pilpres dan lain-lain itu tidak ada sama sekali," sambung dia.

Pratikno yang ikut dalam pertemuan itu, mengatakan Surya Paloh tidak menyampaikan kepada Jokowi soal isu duet Anies Baswedan dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Pilpres 2024. Menurut dia, Jokowi mengetahui soal kabar tersebut dari pemberitaan di media.

"(Presiden) Tahunya itu setelah pertemuan. Kemudian Bapak Presiden kembali ke Bogor Pak Presiden telepon saya 'Pak saya ini baca di koran ternyata ini ada berita baru tadi enggak ada sama sekali cerita tentang itu'," tutur dia.

"Jadi baca di media tentang rencana koalisi itu. Jadi kemudian Pak Presiden nelpon saya. Jadi Pak Presiden tidak tahu menahu tentang itu, tahunya ya dari media," sambunt Pratikno.

2 dari 2 halaman

Presiden Tak Ikut Campur Tangan Urusan Capres-Cawapres

Pratikno menegaskan bahwa Presiden Jokowi tak pernah ikut campur dalam urusan calon presiden dan calon wakil presiden. Jokowi juga tak pernah menghalang-halangi seseorang untuk maju di Pilpres 2024.

"Jadi sama sekali tidak tahu dan tidak ada maksud sekalipun untuk menghalangi seseorang. Intinya pemerintah mendukung sepenuhnya proses demokrasi ini berjalan dengan baik dan berkualitas gitu aja ya," kata Pratikno.