Sukses

Infografis Cak Imin Terseret Pusaran Dugaan Korupsi di Kemnaker

KPK menjadwalkan kembali pemeriksaan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Tokoh yang baru dideklarasikan sebagai bakal cawapres Anies Baswedan itu akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus korupsi di Kemnaker.

Liputan6.com, Jakarta - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK mengagendakan pemeriksaan terhadap Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Pemeriksaan Cak Imin sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pengadaan sistem proteksi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Kasus dugaan korupsi di Kemnaker itu terjadi pada 2012. Tepatnya, saat Cak Imin masih menjabat Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Menakertrans. Sejak 31 Agustus 2023, KPK telah melayangkan surat panggilan kepada Cak Imin yang kini menjabat Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa tersebut.

Awalnya, KPK berencana memanggil Muhaimin Iskandar pada Selasa 5 September 2023. Namun, Cak Imin yang baru dideklarasikan sebagai bakal calon wakil presiden atau cawapres pendamping Anies Baswedan itu meminta penundaan pemeriksaan.

"Saya sudah dapat surat pemanggilan, sebetulnya saya mau datang," kata Cak Imin di Jakarta, Senin 4 September 2023.

Namun, Cak Imin mengaku tak bisa memenuhi undangan pemeriksaan lantaran harus menghadiri acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Wakil Ketua DPR itu mengaku tak bisa meninggalkan acara tersebut karena sudah terjadwal sejak lama.

Adapun Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri membenarkan adanya permintaan penundaan pemeriksaan. Jelasnya, Cak Imin meminta penjadwalan ulang pemeriksaan menjadi Kamis 7 September 2023.

Hanya saja, Ali menyebut tim penyidik KPK tak bisa memenuhi keinginan Cak Imin, karena sudah memiliki agenda lain di tanggal tersebut. Jadi, Ali menyebut pemeriksaan Cak Imin akan dilakukan pekan depan, tapi tak merinci hari dan tanggal pastinya.

Siapa saja yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi pengadaan sistem proteksi TKI di Kemnaker? Apa alasan di balik pemanggilan Cak Imin ke KPK? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Cak Imin Terseret Pusaran Dugaan Korupsi di Kemnaker

3 dari 3 halaman

Infografis Alasan di Balik Pemanggilan Cak Imin ke KPK

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini