Sukses

Cak Imin Dipanggil KPK, Partai Masyumi: Semoga Persoalan Itu Bisa Selesai

Mantan penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi sekaligus yang menjabat Ketua Majelis Syura Partai Masyumi Abdullah Hehamahua merespons soal Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dipanggil oleh KPK pasca deklarasi akan dampingi Anies Baswedan di Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta Mantan penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi sekaligus yang menjabat Ketua Majelis Syura Partai Masyumi Abdullah Hehamahua merespons soal Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dipanggil oleh KPK pasca deklarasi akan dampingi Anies Baswedan di Pemilu 2024.

Dia mengaku mendapatkan ilmu baru dari Ketua DPP Bidang Teritorial Pemenangan Pemilu Partai Nasdem, Gus Choi bahwa ini merupakan proses langit.

“Jadi kalau proses langit tidak bisa kita rasionalkan. Mudah-mudahan persoalan itu bisa selesai,” kata Abdullah kepada wartawan di Nasdem Tower, Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Sebelumnya, ia menjelaskan, selama delapan tahun menjabat sebagai koordinator penyusunan SOP ia mengetahui jalannya lika-liku KPK.

“Ada kesepakatan dengan DPR dulu bahwa menghadapi pemilu, pileg, pilpres, seseorang yang masuk dalam radar KPK yang dipersyaratkan ditersangkakan ditunda,” ujarnya.

Hal ini dikarenakan KPK tidak ingin dijadikan sebagai alat politik, melainkan lembaga hukum. Setelah pemilu dan urusan pilpres selesai, baru dapat diproses.

Jadi, kata dia, kalau Cak Imin memenuhi persyaratan sudah terpilih jadi wakil presiden baru bisa diproses. 

“Misalnya ketika berada di kubu sana KPK tidak apa-apa, begitu Cak Imin bergabung dengan Anies Baswedan ditersangkakan,” pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Partai Masyumi Deklarasikan Dukung Anies-Cak Imin

Selain itu, Ketua Umum (Ketum) Partai Masyumi Ahmad Yani menegaskan mendukung Anies Baswedan dan Cak Imin sebagai pasangan bacapres-cawapres.

Walaupun partainya belum dapat masuk secara langsung untuk mencalonkan, dia mengaku akan berpartisipasi dalam pemenangan Anies-Cak Imin.

“Kami memberikan dukungan penuh atas telah dideklarasikan yaitu pasangan Amin, Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar,” ujar Yani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini