Sukses

Jokowi: Kereta Cepat Jakarta Bandung Diresmikan Awal Oktober

Jokowi mengatakan KCJB akan diresmikan pada awal Oktober 2023. Tapi hal tersebut akan ditentukan oleh manajemen kereta cepat.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) bersama para menteri, artis ibu kota dan influencer, Rabu (13/9/2023). Jokowi mengatakan KCJB akan diresmikan pada awal Oktober 2023.

"Ya, awal Oktober (diresmikan)," kata Jokowi di Stasiun Padalarang, Bandung Barat, Rabu (13/9/2023).

Kendati begitu, dia mengatakan hal tersebut akan ditentukan oleh manajemen kereta cepat. Jokowi tak ingin dianggap memburu-burui peresmian KCJB.

"Tapi yang menentukan, jangan dipikir saya mengejar-ngejar, yang menetukan tetap dari manajemen kereta cepat," jelas Jokowi.

Jokowi menuturka nantinya dilakukan uji coba KCJB terlebih dahulu untuk masyarakat. Dia ingin masyarakat juga ikut mencoba KCJB secara gratis.

"Tetep, tetep (akan uji coba). Biar orang mencoba, masyarakat mencoba," ujar Jokowi.

Jokowi menjajal Kereta Cepat Jakarta Bandung dari Statiun Halim, Jakarta menuju Statiun Padalarang, Bandung Barat. Dia menilai KCJB sudah bagus, namun masih ada beberapa yang harus dikerjakan dari sisi sarana prasarana.

"Ya memang belum baru sisa tadi disampaikan ke saya 92 persen. Nanti kan keretanya sudah siap tinggal dimanfaatkan," tutur Jokowi.

2 dari 2 halaman

Ajak Artis

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi tiba di Stasiun Halim KJCB pada pukul 08.53 WIB. Dia datang bersama sejumlah menteri seperti, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan hingga Menteri BUMN Erick Thohir.

Jokowi berangkat dari Stasiun Halim menggunakan KCJB pukul 8.58 WIB. Dia akan menjajal KCJB sampai ke Stasiun Padaralang. Dia nantinya akan melanjutkan perjalanan ke Stasiun Bandung, dengan menggunakan kereta feeder dari Stasiun Padalarang.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

Sementara itu, influencer dan artis yang hadir dalam uji coba ini yakni, Raffi Ahmad, Gading Martin, Cak Lontong, Yuni Shara, Vino G.Bastian, Armand Maulana hingga Marsha Timothy.

Video Terkini