Sukses

Pandawa Ganjar Edukasi soal Penanggulangan Kebakaran Lahan Gambut

Sukarelawan Pandawa Ganjar kembali memberikan edukasi kepada pemuda milenial dan generasi Z untuk sama-sama mengantisipasi dan menanggulangi kebakaran lahan gambut yang marak terjadi di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Liputan6.com, Jakarta - Sukarelawan Pandawa Ganjar kembali memberikan edukasi kepada pemuda milenial dan generasi Z untuk sama-sama mengantisipasi dan menanggulangi kebakaran lahan gambut yang marak terjadi di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Loyalis Ganjar Pranowo itu pun menggelar pelatihan penanganan dan pencegahan kebakaran lahan gambut di Aula KNPI Kalimantan Selatan, Kota Banjarmasin, pada Senin 18 September 2023.

Koordinator Wilayah (Korwil) Pandawa Ganjar Kalimantan Nur Ghina Muslimah mengatakan, pihaknya menyasar pemuda milenial dan generasi Z untuk concern terhadap permasalahan lingkungan tersebut.

"Kami melaksanakan kegiatan ini di Kalsel supaya teman-teman generasi milenal sepenuhnya merespons permasalahan itu di Kalsel," tutur Ghina.

Ghina menyatakan, kebakaran lahan gambut cukup sulit dipadamkan. Diperlukan pemahaman yang holistik tentang kebakaran lahan.

Sebab itu, Pandawa Ganjar menghadirkan dua pemateri dari akademisi dan satgas pemadam kebakaran untuk memberikan edukasi kepada para peserta.

"Kebakaran gambut meskipun apinya dipadamkan, tekstur tanahnya itu masih mengendap seperti dijelaskan pemateri. Itu menghasilkan asap. Asap muncul setelah api padam. Kebakaran bisa terjadi lagi," jelas dia.

Pelatihan itu pun sebagai bentuk kepedulian Ganjar Pranowo melalui relawannya terhadap lingkungan khususnya kebakaran lahan gambut.

"Jadi, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Pak Ganjar bahwa Pak Ganjar peduli terhadap lingkungan, khususnya mengenai kebakaran lahan gambut," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajak Milenial Berpartisipasi

Dalam kesempatan itu, Pandawa Ganjar mengajak puluhan milenial yang hadir untuk berpartisipasi mencegah dan menangani bencana tersebut. Rijali sebagai pemateri dan Satgas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Kalsel mengatakan, dirinya menyampaikan kiat-kiat menghadapi musim kemarau dan cara mengantisipasi kebakaran lahan.

"Kami menyampaikan materi kepada peserta tentang bagaimana menghadapi cuaca kemarau dan mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan agar tak terjadi," ujarnya.

Dia juga memberikan praktik cara memadamkan api yang baik dengan menggunakan alat pemadam api ringan (apar).

"Untuk pelatihan, sistem pemadaman manual menggunakan apar yang biasa dipakai di permukiman, alat-alat elektronik yang mengalami korsleting listrik di perumahan," Rijali menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia

    Ganjar Pranowo

Video Terkini