Sukses

DPR Dukung Menteri Bahlil yang Turun Langsung Atasi Masalah Pulau Rempang

Menteri Investasi sekaligus Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia langsung hadir di Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau, Senin 18 September 2023.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Investasi sekaligus Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia langsung hadir di Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau, Senin 18 September 2023.

Anggota Komisi VI DPR RI Intan Fauzi menyambut baik langkah Bahlil. Agar Semuanya jelas.

"Soal investasi ini memang semuanya harus jelas, jadi harus duduk bersama dan dibicarakan dengan baik-baik," kata dia, Rabu (20/9/2023).

Menurut Intan Fauzi, jika berbicara mengenai investasi ada tiga hal yang perlu diketahui bersama. Pertama masyarakat setempat yang dijadikan tujuan investasi, kedua investor selaku pengusaha yang akan menanamkan sahamnya dan terakhir pemerintah selaku fasilitator bagi pengusaha dan masyarakat.

"Tanah masyarakat yang akan digunakan, itu ada istilah ganti untung. Masyarakat harus mendapatkan hak-haknya sesuai dengan kesepakatan bersama, besarannya," ucap Anggota DPR RI dari Dapil Jawa Barat VI tersebut.

Proses ganti untung bagi masyarakat yang tanahnya akan dijadikan industri oleh investor harus jelas. Berikut soal rencana relokasi ke tempat baru yang akan dijadikan hunian milik warga yang digusur.

"Belajar dari kejadian masyarakat Kampung Bayam, kisruh yang terjadi di Pulau Rempang tidak perlu terjadi. Bagaimana masyarakat Kampung Bayam sudah direlokasi, tetapi ternyata belum siap. Masyarakat akhirnya harus tinggal di tenda-tenda," jelas Intan Fauzi.

"Masyarakat Kampung Rempang itu sarat akan Sejarah Melayu dan itu kearifan lokal yang harus dijaga bersama, artinya banyak peninggalannya disana. Dengan hadirnya Pak Bahlil kami berharap dapat membawa solusi terbaik bagi masyarakat, juga bagi investor," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jumpai Masyarakat

Sebelumnya, Menteri Investasi sekaligus Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia langsung hadir di Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau, Senin (18/9/2023).

"Atas instruksi langsung dari Bapak Presiden Jokowi, saya ke Pulau Rempang untuk mendengarkan aspirasi warga. Semalam saya menemui Bapak Gerisman Ahmad selaku tokoh masyarakat Pulau Rempang di Pantai Melayu," kata dia dalam akun Instagramnya, Senin (18/9/2023).

Bahlil mengungkapkan, tujuan utamanya adalah mencari solusi terbaik bagi masyarakat Rempang dan memastikan investasi di kawasan tersebut tetap berjalan.

"Dengan tetap memperhatikan keberlanjutan lingkungan dan keadilan sosial," ungkap Bahlil.

Bahlil Lahadalia memastikan, pihaknya tidak akan membongkar makam leluhur masyarakat Melayu di Pulau Rempang, meski proyek investasi di pulau tersebut terus berjalan.

"Untuk kuburan pendahulu kita, saya tidak izinkan dibongkar. Nanti ini akan dipagar, dibuat gapura, agar dapat nyaman berziarah," ujar Bahlil Lahadalia dilansir dari Antara, Senin (18/9/2023).

Bahlil menambahkan, pihaknya juga sudah membuat pengajuan untuk pembuatan museum di pulau tersebut guna menunjukkan identitas kehidupan masyarakat Melayu di Pulau Rempang.

"Ini masih proses, belum disetujui oleh pusat," kata Bahlil Lahadalia.

Selain itu terkait permintaan warga untuk lokasi relokasi yang tetap berada di Pulau Rempang, Bahlil mengatakan, akan membahas hal itu lebih lanjut dengan kementerian terkait.

"Nanti untuk lokasi lahan Rempang di mana, kita juga minta masukkan dari perwakilan bapak-ibu. Kita buka peta wilayah Rempang bersama-sama," ucap Bahlil Lahadalia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.