Sukses

Surya Paloh Tunggu Kedatangan Mentan Syahrul Yasin Limpo di NasDem Tower

Sahroni mengaku kaget Syahrul Yasin Limpo kembali ke Jakarta hari ini. Sebab informasi awal baru kembali Kamis, 5 Oktober 2023

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menunggu kedatangan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) di NasDem Tower, Jakarta, Rabu (4/10/2023). Syahrul Yasin Limpo  akan tiba di Jakarta pada sore ini.

"Mustinya sih ketemu ya tapi ketum kan di atas, kita tunggu Dia langsung ke sini atau enggak," kata Bendahara Umum NasDem Ahmad Sahroni di NasDem Tower, Jakarta, Rabu.

Surya Paloh ditemani Sekjen Hermawi Taslim, Anggota Majelis Tinggi Karli Boenjamin dan Viktor Laiskodat.

Sahroni mengaku kaget Syahrul Yasin Limpo kembali ke Jakarta hari ini. Sebab informasi awal baru kembali besok. Dia memastikan, Syahrul akan tiba di Jakarta setelah transit di Singapura setelah kembali dari Eropa.

Wakil ketua komisi III DPR RI ini memastikan informasi terakhir Syahrul akan langsung menemui Surya Paloh untuk menjelaskan kasusnya.

"Terakhir ketemu sih dia akan balik Jakarta, akan ketemu ketum, tapi enggak tahu ya, kalau nanti akhirnya berubah rencana dia mau ke sini atau enggak, yang pasti Babe (Panggilan Surya Paloh) ada di atas," jelas Sahroni.

Surya Paloh akan meminta penjelasan Syahrul terkait kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian yang diduga melibatkan Syahrul.

"Kita diskusi tentang terkait perkara yang dialami Pak Mentan, salah benar itu sifatnya masih secara umum tapi KPK sampai hari ini belum menyampaikan statement resminya tapi penggeledahan sudah dilakukan itu namanya mekanisme hukum yang harus dihormati," jelas Sahroni.

Dia pun membantah Syahrul selama ini menghilang. Hanya karena ia mengalami penyakit prostat yang kambuh.

"Nah mungkin dia berobat untuk pemeriksaan lebih lanjut untuk menyembuhkan prostat nya dia. Kan kalau orang prostat ya kan susah, kasian, dia ngga bisa gerak kaya gitu. Jadi bukan karena hilang atau menghindar untuk kembali ke tanah air, engga," jelas Sahroni.

2 dari 4 halaman

Syahrul Yasin Bawa 5 Bagasi

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dikabarkan akan pulang ke Indonesia pada sore hari ini, Rabu (4/10/2023). Syahrul Yasin Limpo disebut akan masuk Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Dari info yang diterima sejumlah wartawan, penumpang atas nama Syahrul Yasin Limpo, terjadwalkan pada Rabu, 4 Oktober 2023 menuju Indonesia menggunakan pesawat Singapore Airlines Rute SIN-CGK, dengan nomor penerbangan SQ964.

Dari informasi tersebut juga dijelaskan, pesawat yang ditumpangi Mentan Syahrul Yasin Limpo berangkat pada pukul 15.36 waktu setempat, dan sampai di Terminal 3 Bandara Soetta ada pukul 18.05 WIB.

Syahrul Yasin Limpo disebut check in dengan membawa 5 bagasi.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Bandara Soetta Ipda Agus Dwi Cahyono saat dikonfirmasi mengenai kepulangan Syahrul Yasin Limpo mengatakan tidak mengetahui mengenai kabar tersebut.

"Tidak ada info ke kami, di grup juga sepi-sepi saja," kata Agus ketika dihubungi Liputan6.com.

Seperti diketahui, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi mengaku hilang kontak dengan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, yang dikabarkan menjadi tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Harvick mengatakan sampai saat ini pihaknya masih mencari keberadaan Syahrul Yasin Limpo usai kunjungannya ke luar negeri.

 

 

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Alasan Berobat

 

Partai NasDem memastikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) tidak menghilang di Eropa. Bendahara Umum NasDem Ahmad Sahroni mengatakan, elite NasDem itu mengidap penyakit prostat sehingga harus berobat.

"Karena ada problem prostatnya jadi pengobatan dahulu," kata Sahroni kepada wartawan, Selasa (3/10/2023).

Partai NasDem sudah memperoleh kabar dari Syahrul Yasin Limpo. Namun, Sahroni enggan mengungkap lokasi Syahrul berobat.

"Sudah dapat kabar, tapi karena lagi sakit jadi enggak kontak," kata Sahroni.

SYL dipastikan akan segera kembali pada 5 Oktober mendatang. Ketua Umum NasDem Surya Paloh sudah memerintahkan segera kembali ke Indonesia.

"Tapi tanggal 5 Oktober Pak Mentan akan kembali ke Tanah Air karena Ketua Umum perintahkan untuk segera kembali ke tanah air," kata Sahroni.

 

4 dari 4 halaman

Jokowi Bilang Bisa Dikontak

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua pihak menunggu kedatangan Syahrul.

"Ya ditunggu lah. Beliau kan keluar belum sampai ke Indonesia,” kata Jokowi usai membuka pameran Inacraft 2023 di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (4/10/2023).

Jokowi mengaku tidak tahu apakah Syahrul hilang kontak atau tidak.

"Siapa yang kehilangan kontak? Siapa? Coba dikontak aja bisa. Ada yang punya nomor telponnya enggak? Coba dikontak,” kata Jokowi.

Jokowi menyatakan tidak tahu di mana posisi persis Syahrul saat ini. Menurutnya, hal itu bukan urusan presiden.

"Ya masa urusan posisi dimana presiden suruh tahu. Kamu gimana?,” pungkas Jokowi.