Sukses

Mentan Syahrul Yasin Limpo Lewati Konter Keimigrasian Bandara Soetta Pukul 18.41 WIB

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo tiba di Tanah Air. Dia masuk ke Tanah Air di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Rabu (4/10/2023).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo tiba di Tanah Air. Dia masuk ke Tanah Air di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Rabu (4/10/2023). Pesawat yang dikabarkan ditumpangi Syahrul Yasin Limpo adalah Singapore Airlines Rute SIN-CGK.

Pesawat dengan nomor penerbangan SQ964, sudah mendarat di Bandara Soekarno Hatta, sekitar pukul 18.05 WIB.

Namun, hingga pukul 19.00 WIB, belum ada tanda-tanda kehadiran Mentan Syahrul Yasin Limpo di kedatangan internasional Bandara Soetta.

Meski begitu, Syahrul Yasin Limpo terkonfirmasi telah melewati area pemeriksaan Imigrasi Bandara Soetta pada pukul 18.41 WIB. Hal tersebut dikatakan oleh Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Silmy Karim.

"Sudah mendarat, sudah melintas tempat pemeriksaan Imigrasi, sudah 18.41 (WIB)," ujar Silmy, Rabu (4/10/2023).

Sebelumnya, Syahrul Yasin Limpo telah ditetapkan sebagai tersangka korupsi oleh KPK. Hal ini dibenarkan sumber Liputan6.com. 

"Benar (SYL sudah tersangka)," ujar sumber dikutip Jumat 29 September 2023.

Penetapan Syahrul Yasin Limpo sebagai tersangka ini ramai usai tim penyidik KPK menggeledah rumah dinasnya di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan. Penggeledahan dilakukan saat proses hukum masuk ke tingkat penyidikan.

Saat proses hukum naik ke tahap penyidikan dipastikan sudah ada pihak yang ditetapkan sebagai tersangka. Hanya saja KPK belum bersedia membeberkannya secara resmi.

Pengumuman tersangka biasa dilakukan saat upaya paksa penangkapan dan penahanan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Syahrul Yasin Limpo Ditunggu Surya Paloh

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menunggu kedatangan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) di NasDem Tower, Jakarta, Rabu (4/10/2023). Syahrul Yasin Limpo  akan tiba di Jakarta pada sore ini.

"Mustinya sih ketemu ya tapi ketum kan di atas, kita tunggu Dia langsung ke sini atau enggak," kata Bendahara Umum NasDem Ahmad Sahroni di NasDem Tower, Jakarta, Rabu.

Surya Paloh ditemani Sekjen Hermawi Taslim, Anggota Majelis Tinggi Karli Boenjamin dan Viktor Laiskodat.

Sahroni mengaku kaget Syahrul Yasin Limpo kembali ke Jakarta hari ini. Sebab informasi awal baru kembali besok. Dia memastikan, Syahrul akan tiba di Jakarta setelah transit di Singapura setelah kembali dari Eropa.

Wakil ketua komisi III DPR RI ini memastikan informasi terakhir Syahrul akan langsung menemui Surya Paloh untuk menjelaskan kasusnya.

 

3 dari 3 halaman

Surya Paloh Bakal Minta Penjelasan soal Korupsi di Kementan

"Terakhir ketemu sih dia akan balik Jakarta, akan ketemu ketum, tapi enggak tahu ya, kalau nanti akhirnya berubah rencana dia mau ke sini atau enggak, yang pasti Babe (Panggilan Surya Paloh) ada di atas," jelas Sahroni.

Surya Paloh akan meminta penjelasan Syahrul terkait kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian yang diduga melibatkan Syahrul.

"Kita diskusi tentang terkait perkara yang dialami Pak Mentan, salah benar itu sifatnya masih secara umum tapi KPK sampai hari ini belum menyampaikan statement resminya tapi penggeledahan sudah dilakukan itu namanya mekanisme hukum yang harus dihormati," jelas Sahroni.

Dia pun membantah Syahrul selama ini menghilang. Hanya karena ia mengalami penyakit prostat yang kambuh.

"Nah mungkin dia berobat untuk pemeriksaan lebih lanjut untuk menyembuhkan prostat nya dia. Kan kalau orang prostat ya kan susah, kasian, dia ngga bisa gerak kaya gitu. Jadi bukan karena hilang atau menghindar untuk kembali ke tanah air, engga," jelas Sahroni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini