Sukses

Dispora Kukar Ubah Arena Berkuda Jadi Mini Soccer yang Mampu Hasilkan Pendapatan Daerah

Dispora Kukar turut melakukan sejumlah pembenahan, diawali dengan mengalokasikan anggaran perbaikan hingga realisasi pembangunan lapangan untuk sepakbola mini. Meski masih disempurnakan secara bertahap, lapangan Mini Soccer sudah dapat digunakan.

Liputan6.com, Kutai Kartanegara Dinas Pemuda dan Olahraga Kutai Kartanegara (Dispora Kukar) mengelola lapangan mini soccer di kompleks Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang. Lapangan tersebut ternyata menjadi aset karena berkontribusi bagi pendapatan daerah yang dapat menghasilkan Rp500 juta pada April-September 2023. 

"Ini sangat positif bagi masyarakat dan pengelola gedung stadion, sehingga dengan renovasi ke depan diharapkan dapat mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," ujar Kepala Dispora Kutai Kartanegara Aji Ali Husni, Selasa (3/10). 

Sebelumnya area lapangan Mini Soccer merupakan Arena Berkuda di kompleks Stadion Aji Imbut. Ali mengisahkan, venue tersebut semula cukup aktif hingga seiring waktu tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Tak ingin gelanggang tersebut terbengkalai, Dispora memutuskan untuk mengalihfungsikan arena berkuda menjadi Mini Soccer pada 2023. Ali mengatakan bahwa keputusan tersebut menimbang tren olahraga Mini Soccer yang semakin digandrungi. 

"Olahraga berkuda sudah beberapa tahun tidak digunakan, jadi mulai 2022 dianggarkan menjadi gedung mini soccer," kata Ali. 

Dispora Kukar turut melakukan sejumlah pembenahan, diawali dengan mengalokasikan anggaran perbaikan hingga realisasi pembangunan lapangan untuk sepakbola mini. Meski masih disempurnakan secara bertahap, lapangan Mini Soccer Aji Imbut sudah dapat digunakan.

Penyempurnaan sarana dan prasarana diupayakan seiring berjalan menyesuaikan ketersediaan anggaran. Pada tahap kedua penyelesaian, Dispora Kukar berencana menambah fasilitas antara lain, lobi, kantin, ruang ganti, ruang kesehatan hingga ruang admin. 

"Anggarannya sudah disiapkan, akan selesai untuk lantai satu dan lantai dua nanti dibuatkan lounge-nya. Jadi sebelum bermain, mungkin ada pertemuan atau apa, disiapkan di situ," jelasnya. 

Untuk tahap ketiga, Ali berencana mengembangkan kawasan gedung, dengan melakukan pengecoran di sisi kiri dan kanan gedung gedung. Lebih lanjut, Ali mengatakan bahwa di pembangunan terakhir sudah bisa digunakan untuk olahraga yang baru. 

"Area kiri dikembangkan untuk ruang terbuka kalau ada acara, mungkin pentas. Sisi kanan masih dikembangkan satu lapangan, rencana bola voli," ujarnya. 

 

(*)

Video Terkini