Sukses

Bupati Umi Azizah Berikan 13 Anugerah Festival Film Tegal Terpilih 2023

Bupati Tegal Umi Azizah mengapresiasi penyelenggaraan Penganugerahan Festival Film Tegal (FFT) sebagai ajang untuk melahirkan sineas berbakat di bidang perfilman.

Liputan6.com, Tegal Bupati Tegal Umi Azizah mengapresiasi penyelenggaraan Penganugerahan Festival Film Tegal (FFT) sebagai ajang untuk melahirkan sineas berbakat di bidang perfilman. Memasuki tahun keempat, FFT 2023 menjadi sebuah ajang kompetisi bergengsi di wilayah pantura untuk menyeleksi film dari karya sineas – sineas bertalenta.

Dalam Malam Puncak Penganugerahan Festival Film Tegal (FFT) 2023, sebanyak 13 peserta terpilih dan menjadi pemenang kontes di bidang perfilman ini. Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Bupati Tegal Umi Azizah di Gedung Dadali, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah pada Sabtu, 14 Oktober 2023.

“Film bisa dijadikan sarana Pendidikan karakter dan pembelajaran,” kata Umi Azizah di malam puncak Penganugerahan Festival Film Tegal (FFT) 2023.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tegal Nurhayati menyampaikan bahwa pergelaran FFT yang telah terselenggara untuk keempat kalinya di tahun 2023 yang bekerja sama dengan Sineas Pantura.

“Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Kabupaten Tegal bagi para penggiat film di Kabupaten Tegal bahkan kabupaten/kota sekitarnya, memberikan wadah bagi para sineas-sineas muda berbakat di bidang perfilman sekaligus untuk lebih membangkitkan sub sektor industri kreatif lainnya,” kata Nurhayati.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

29 Film Mengikuti Festival Film Tegal 2023

Malam Anugerah FFT ini adalah puncak dari rangkaian acara yang diawali dengan kelas kreatif sekaligus pembukaan FFT 2023 secara virtual oleh Bupati Tegal 27 Agustus 2023 lalu, dengan menghadirkan nara sumber Sutradara Film Ginanti Rona dan Penulis Dkenario Laila Nur Azizah.

Rangkaian acara selanjutnya pendaftaran peserta FFT yang dibuka 3 Agustus hingga 22 September 2023, dengan jumlah pendaftar yang mengikuti FFT sejumlah 29 film. Rinciannya, film pelajar 10, film umum 16, dan film animasi sebanyak 3. Dari 29 film tersebut berasal dari Kabupaten Tegal 15 film, Kota Tegal 5 film, Kabupaten Brebes 8 film, dan Kabupaten Pemalang 1 film.

Agenda pemilihan film favorit dilakukan di Gedung Dadali pada 8 Oktober 2023, yang turut dihadiri penggiat film Purbalingga. Sempat pula digelar diskusi dengan penggiat film di Kabupaten Tegal, serta sharing dan berbagi informasi tentang festival film. 

Sementara itu untuk pemilihan 5 pemenang FFT 2023 dipilih oleh dewan juri profesional di bidangnya. Seperti Sutradara Achmad Romie; Sutradara, Ginanti Rona; dan Editor Film, Kelvin Nugroho.

3 dari 3 halaman

Pemenang Penghargaan Festival Film Tegal 2023

  1. Film Fiksi Pelajar Terpilih: Angka Kematian dari  SMK N 2 Adiwerna
  2. Film Fiksi Umum Terpilih : Tabah dari Desa Sinema Kepunduhan
  3. Film Animasi Terpilih : Monster Miopi dari Fourvertex Production
  4. Design Poster Terpilih : Juara Gulat dari XYZ Design 
  5. Ide Cerita Terpilih Pelajar : Angka Kematian dari  SMK N 2 Adiwerna
  6. Ide Cerita Terpilih Umum : Tabah dari Desa Sinema Kepunduhan.
  7. Pemain Utama Terpilih Pelajar : Seragam dari SMA N 5 Tegal
  8. Pemain Utama Terpilih Umum : Tabah dari Desa Sinema Kepunduhan
  9. Sutradara Terpilih Pelajar: Angka Kematian dari SMK N 2 Adiwerna
  10. Sutradara Terpilih Umum : Tabah dari Desa Sinema Kepunduhan
  11. Penata Kamera Terpilih : Tabah dari Desa Sinema Kepunduhan
  12. Penata Suara Terpilih : Tabah dari Desa Sinema Kepunduhan dan
  13. Film Terfavorit Pilihan Penonton : Hana Tatak Mahameru dari SUPM Tegal. Film ini berhasil mendapatkan 67 suara.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.