Sukses

Sejumlah Proyek Jalan Tol Akan Ditender Ulang

Pemerintah berniat melakukan tender ulang terhadap sejumlah proyek jalan tol yang terbengkalai. Jika tidak dilakukan, pemerintah akan mencabut hak atas proyek tersebut.

Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah memutuskan melakukan tender ulang terhadap 13 proyek jalan tol di wilayah Jakarta dan Surabaya. Mayoritas proyek tersebut sebelumnya dimiliki oleh Keluarga Cendana dan hingga kini terbengkalai menyusul krisis ekonomi dan peralihan kepemimpinan nasional. Demikian dikatakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Rizal Ramli usai menemui Presiden Abdurrahman Wahid di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (20/12) siang.

Rizal menegaskan, sejumlah proyek jalan tol yang dipegang Keluarga Cendana harus segera dituntaskan hingga batas waktu yang telah ditentukan. Sebab jika hal itu tidak dilakukan maka pemerintah akan mencabut hak atas proyek tersebut. Menurut dia, pemerintah serius menarik investor asing untuk terlibat dalam proyek tol yang terbengkalai. Sebab pembenahan proyek infrastruktur berkaitan dengan pembenahan kembali sektor perekonomian domestik secara menyeluruh.

Saat ini, tambah dia, pemerintah telah mendata 13 proyek yang kemungkinan akan ditawarkan kepada perusahaan asing yang berada di Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Bahkan proyek jalan tol Cikampek-Padalarang telah dinegosiasikan dengan tiga calon investor. Di antaranya adalah Australia dan Italia.(PIN/Jannus Siahaan dan Jhoni Akbar)
    Video Terkini