Sukses

500 Kartu Peduli PKK Sasar Masyarakat Rawan Stunting di Kabupaten Taliabu

Dalam rangka mengidentifikasi sasaran penerima bantuan langsung agar lebih tepat sasaran, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Pulau Taliabu membagikan 500 Kartu Peduli PKK.

 

Liputan6.com, Taliabu Dalam rangka mengidentifikasi sasaran penerima bantuan langsung agar lebih tepat sasaran, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Pulau Taliabu membagikan 500 Kartu Peduli PKK. Selain itu, penyaluran kartu ini juga merupakan bentuk dari pemerintah daerah untuk menjaga kesehatan masyarakat, khususnya percepatan penurunan stunting.

Ketua PKK Kabupaten Pulau Taliabu, Zahra Yolanda Aliong Mus mengungkapkan bahwa pemilik kartu ini adalah sasaran rawan stunting akibat kurang asupan gizi seperti ibu hamil, bayi bawah dua tahun (baduta) berdasarkan data EPPGBM Dinas Kesehatan.

"Bantuan langsung melalui Kartu Peduli PKK bersumber dari sumbangan sukarela bapak bunda asuh stunting dan juga dana hibah PKK dari Pemerintah Daerah," ungkapnya.

Zahra menjelaskan bahwa pemegang Kartu Peduli PKK otomatis sudah integrasi kepesertaan jaminan kesehatannya di BPJS Kesehatan. Ia menyebut, jika sasaran belum menjadi peserta BPJS, bisa langsung mendaftarkan kepesertaannya melalui PKK dan diklaim pembayarannya oleh PKK.

"Target sasaran yang akan di bagikan kartu peduli PKK sebanyak 500 sasaran. Sampai saat ini sudah terbagi sebanyak 300 sasaran dan kami akan membagi secara langsung 22 kartu untuk sasaran hari ini," jelasnya.

2 dari 2 halaman

Bagian dari Kampanye Sadar Gizi

Penyaluran Kartu Peduli PKK ini merupakan bagian dari kampanye Sadar Gizi dan Pencegahan Stunting yang digelar di gedung Hemungsia Dufu, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara.

Sebagai informasi, penyaluran kartu ini juga bertepatan dengan Hari Kesatuan Gerak (HKG) TP PKK ke-51 Provinsi Maluku Utara yang dipusatkan di Kabupaten Pulau Taliabu. Turut hadir pada acara HKG PKK Ke 51 Provinsi Maluku Utara di Kabupaten Pulau Taliabu, Ketua TP PKK Kabupaten Halmahera Tengah, Ketua TP PKK Kabupaten Halmahera Timur, Ketua TP PKK Kabupaten Halmahera Selatan, Ketua TP PKK Kabupaten Halmahera Utara, Ketua TP PKK Kabupaten Kepulauan Sula, Ketua TP PKK Kabupaten Pulau Morotai serta Pengurus TP PKK Provinsi Maluku Utara.

 

(*)