Sukses

Wujudkan Pemilu Damai 2024, Menkominfo Ajak Insan Pers Terapkan Jurnalisme Berkualitas

Pemerintah senantiasa mendorong insan pers untuk mewujudkan jurnalisme berkualitas, termasuk untuk pemberitaan mengenai Pemilihan Umum Serentak 2024.

Memilih Untuk Indonesia - Liputan6.com, Jakarta Pemerintah senantiasa mendorong insan pers untuk mewujudkan jurnalisme berkualitas, termasuk untuk pemberitaan mengenai Pemilihan Umum Serentak 2024. Pasalnya, di tengah dinamika kehidupan masyarakat dan perkembangan teknologi digital yang pesat saat ini turut memengaruhi keberlangsungan dunia jurnalisme.

Sebagai pilar keempat demokrasi, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan jurnalisme punya peran penting untuk menciptakan Pemilu Damai 2024 mendatang.

"Kami meminta dukungan untuk menyukseskan gelaran Pemilu 2024 yang sudah di depan mata. Sebagai pilar keempat demokrasi, jurnalisme memiliki peranan penting dalam menciptakan Pemilu Damai 2024," ungkap Budi Arie Setiadi dalam Seminar Nasional Dewan Pers di Jakarta Selatan, Rabu (08/11/2023).

Menkominfo mengajak insan pers menghadirkan pemberitaan terkait pemilu yang faktual, akurat, dan bermanfaat.

"Saya meminta rekan-rekan untuk selalu memprioritaskan objektivitas dan kualitas pemberitaan, serta menghindari pemberitaan yang semata-mata mengedepankan sensasi," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Platform Digital Beri Perubahan Besar

Kehadiran platform digital saat ini, kata Menteri Budi Arie telah mengubah pola masyarakat mengonsumsi berita dan memciptakan kesenjangan.

"Perubahan tersebut memunculkan kesenjangan kepercayaan publik antara media mainstream dan media sosial yang semakin tinggi," ungkapnya.

Menurut Menkominfo, saat ini ada isu berkaitan dengan akses publik terhadap informasi yang berkualitas dan penurunan ketertarikan publik terhadap berita dibanding konten media sosial yang makin aktraktif.

"Ini merupakan sedikit dari berbagai tantangan kontemporer yang dihadapi dunia jurnalisme kita," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Rancangan Perpres Publisher Rights

Merespons hal tersebut, Menkominfo mengatakan Pemerintah bersama Dewan Pers terus berupaya menghadirkan jurnalisme berkualitas.

"Kita semua memahami bahwa proses Rancangan Perpres Publisher Rights terus bergulir, sebagai ikhtiar kita semua untuk menjaga keberlangsungan jurnalisme yang berkualitas," ujar Menkominfo.

Saat ini, Kementerian Kominfo bersama Kementerian Sekretariat Negara juga terus berupaya agar Rancangan Perpres tersebut dapat segera terselesaikan.

"Kami mohon dukungan rekan - rekan semua agar proses yang sedang berlangsung dapat berjalan lancar dan membawa hasil positif untuk industri pers kita," ungkapnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini