Sukses

Firli Bahuri Bantah Disebut Mangkir Tak Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya Hari Ini

Firli Bahuri sejatinya diperiksa Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo saat masih menjabat Menteri Pertanian (Mentan).

Liputan6.com, Jakarta Ketua KPK Komjen (Purn) Firli Bahuri memastikan tak memenuhi panggilan Polda Metro Jaya hari ini, Selasa (14/11/2023). Firli Bahuri sejatinya diperiksa Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo saat masih menjabat Menteri Pertanian (Mentan).

Namun, Firli membantah disebut mangkir. Pasalnya, dia sudah berkoordinasi dengan tim penyidik Polda Metro Jaya terkait ketidakhadirannya hari ini.

"Kalau dibilang mangkir, kita enggak mangkir, karena kita kirim surat, jadi tidak pernah mangkir. Termasuk tanggal 8 November (2023) kita diminta hadir di Polda kebetulan kita ada kegiatan (di Aceh)," ujar Firli di Gedung KPK, Selasa (14/11/2023).

Pemanggilan hari ini, merupakan penjadwalan ulang dari rencana pemeriksaan pada 8 November 2023. Pada saat itu, Firli memilih terbang ke Aceh menghadiri roadshow bus antikorupsi dan rangkaian Hakordia. Kemudian Firli dijadwalkan diperiksa hari ini, namun kembali tak hadir.

Firli malah memimpin konferensi pers operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Pj Bupati Sorong Yen Piet Mosso. Berkaitan ketidakhadiran hari ini, Firli mengatakan sudah berkoordinasi dengan pihak Polda Metro Jaya.

"Sedangkan untuk Polda tadi Karo Hukum KPK sudah kordinasi dan saya akan datang dalam waktu dekat, jadi bukan hari ini. Kita akan hadir, jadi bukan mangkir," kata Firli.

Sebelumnya, Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya (Ditreskrimsus Polda Metro Jaya) bakal memeriksa Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri sebagai saksi atas kasus pemerasan pimpinan KPK dalam penanganan korupsi Kementerian Pertanian (Kementan) 2021.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Yang Bakal Digali Penyidik ke Ketua KPK Firli Bahuri

"Permintaan keterangan tambahannya pada hari Selasa tanggal 14 November 2023 pukul 10.00 WIB," kata Direktur Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar (Kombes) Ade Safri Simanjuntak saat dikonfirmasi, Senin 13 November 2023.

Ade Safri memastikan rencana pemeriksaan pemeriksaan Firli Bahuri itu telah diketahui pihak KPK dengan surat yang telah diterima sejak Jumat (10/11/2023).

"Untuk surat panggilan tersebut telah diterima di Gedung Merah Putih KPK RI pada hari Jumat, tanggal 10 November 2023," ujar Ade Safri.

Pemeriksaan tersebut dilakukan sebagai tindaklanjut atas pemeriksaan yang sebelumnya sempat tertunda pada Selasa (7/11/2023) lantaran Firli berhalangan hadir karena mengikuti kegiatan roadshow antikorupsi di Aceh.

Sehingga, dalam pemeriksaan nanti, penyidik akan menggali keterangan terkait kasus yang telah naik ke tahap penyidikan sesuai Pasal 12 huruf e, Pasal 12 huruf B, dan atau Pasal 11 UU Tipikor jo Pasal 65 ayat 1 KUHP.

"Intinya proses sidik terus berproses. Dipastikan sidik akan berlangsung secara profesional, transparan dan akuntabel," kata Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, Kamis 9 November 2023.

 

3 dari 3 halaman

Awalnya, Firli Nyatakan Bakal Penuhi Panggilan Hari Ini

Pemeriksaan terhadap Firli Bahuri dijadwalkan pada Selasa 14 November 2023 di Polda Metro Jaya. Sementara itu, Firli juga menyatakan kesediaanya hadir memenuhi pemeriksaan Dewan Pengawas KPK di hari dan tanggal yang sama.

Namun Dewan Pengawas KPK tak mau memeriksa Firli Bahuri hari ini.

Anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) Albertina Ho mengatakan pihaknya sudah menjadwalkan memeriksa Ketua KPK Firli Bahuri. Albertina mengatakan Firli rencananya akan diperiksa pada 20 November 2023.

"Hari Senin tanggal 20 November 2023 jam 10.00 WIB," ujar Albertina dalam keterangannya, Selasa (14/11/2023).

Diketahui Firli Bahuri mangkir panggilan pemeriksaan Dewas KPK pada Senin, 13 November 2023 kemarin. Firli meminta diperiksa pada hari ini Selasa (14/11/2023). Sementara hari ini Firli juga dijadwalkan diperiksa penyidik Polda Metro Jaya.

"Kalau hari ini (kemarin) tidak datang dijadwal ulang minggu depan, bukan besok (hari ini)," kata Albertina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini