Sukses

Imbas Longsor di Proyek Stasiun Batu Tulis Bogor, Jalan Cipaku Diberlakukan Satu Arah

Rekayasa lalu lintas ini diberlakukan guna menghindari longsor susulan. Sebab, di lokasi longsoran terdapat badan jalan yang retak dan ambles.

Liputan6.com, Jakarta - Jalur alternatif Bogor-Sukabumi tepat di Jalan Raya Cipaku, diberlakukan satu arah akibat tanah longsor di lokasi proyek penataan kawasan Stasiun Batu Tulis, Kota Bogor, Kamis (16/11/2023) sore. 

Tebing yang longsor tersebut mengakibatkan badan Jalan Raya Cipaku itu retak dan ambles. Longsor terjadi saat wilayah tersebut diguyur hujan deras. 

"Mulai pukul 18.30 WIB, lalu lintas diberlakukan satu arah dari Cipaku mengarah Lawang Gintung-Jalan Batu Tulis," kata KBO Lantas Polresta Bogor Kota Ipda Damela, di lokasi kejadian.

Sementara kendaraan dari arah Jalan Lawang Gintung menuju Cipaku-Pamoyanan dialihkan ke jalur Bogor Nirwana Residence (BNR).

Rekayasa lalu lintas ini diberlakukan guna menghindari longsor susulan. Sebab, di lokasi longsoran ada badan jalan yang retak dan ambles. 

"Khawatirnya nanti ada pergeseran kembali, sementara satu lajur masih bisa dilintasi. Kita juga menunggu dari PLN karena tadi sempat terdengar ada letupan dari kabel," ujarnya. 

Menurutnya, imbas pengalihan arus mengakibatkan kemacetan panjang. Ekor kendaraan sudah mencapai kawasan Jalan Sukasari. 

"Kondisi lalu lintas macet parah. Kami imbau agar masyarakat sementara waktu tidak melalui jalur tersebut," kata dia. 

Sementara itu, pemukiman yang tak jauh dari lokasi longsor masih padam imbas tiang listrik roboh terbawa longsoran.

2 dari 3 halaman

Tidak Ada Korban Jiwa

 

Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor, membuat tebing di lahan proyek penataan kawasan Stasiun Batu Tulis longsor, Kamis (16/11/2023) sore.

Lurah Lawang Gintung Ahnim Sutangyat mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Tebing yang longsor merupakan lahan milik PT. KAI yang sedang dilakukan pengerjaan penguatan tebing pada proyek penataan kawasan Batu Tulis dan underpass.

Tebing itu tergerus air deras dari atas (bahu jalan) sehingga memicu longsor," kata Ahnim.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian ini, namun sebagian badan jalan amblas terbawa longsoran. Sehingga lalu lintas diberlakukan buka tutup.

 

3 dari 3 halaman

Aliran LIstrik Terputus

Tak hanya itu, satu tiang listrik yang berada di bahu jalan roboh terbawa longsoran hingga memutus aliran listrik. Akibatnya, sejumlah rumah yang berada dekat lokasi kejadian mengalami pemadaman.

"Banyak rumah yang listriknya padam. Untuk mengantisipasi longsor susulan, kendaraan yang melintas dilakukan bergantian," ucapnya.