Sukses

Heru Budi Imbau Warga DKI Jakarta Bersihkan Lingkungan Guna Cegah Banjir di Musim Hujan

Heru berharap warga melakukan kerja bakti dan bergotong royong untuk membersihkan Jakarta. Dia meminta sungai, saluran air yang mampet ikut dibersihkan.

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengimbau warga Ibu Kota untuk menjaga kebersihan di wilayah tinggal masing-masing demi menanggulangi banjir di musim penghujan.

Hal ini disampaikan Heru dalam apel pagi kerja bakti massal bertajuk "Bakti Kita Untuk Jakarta" di Jalan HM Margono Djojohadikusumo, Jakarta Pusat, Minggu (19/11/2023). Apel diikuti sekitar 2.000 aparatur sipil negara (ASN) dan Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP)

"Saya imbau seluruh warga untuk bertanggung jawab di lingkungan masing-masing. Kita harus bersama membangun Jakarta," kata Heru dalam keterangan tertulis, diterima Minggu (19/11/2023).

Warga, lanjut dia, diharapkan melakukan kerja bakti dan bergotong royong untuk membersihkan Jakarta. Dia meminta sungai, saluran air yang mampet ikut dibersihkan.

"Jangan membuang sampah sembarangan. Dan pagi hari ini, kita bertemu dalam rangka bakti kita untuk Jakarta," ujar dia.

Heru menyayangkan, warga yang masih suka membuang sampah sembarangan. Misalnya, kata dia, saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD).

"Masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan di car free day. Saya lihat rekan-rekan PPSU dan PJLP membersihkan sampah tanpa pamrih. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih," kata dia.

Pada kesempatan ini, Heru juga turut mengimbau para ASN yang masih muda agar dapat meneruskan kegiatan kerja bakti seminggu sekali. Dulu, ujar Heru kerja bakti sering dilakukan ASN terdahulu.

"Pesan saya untuk ASN yang muda-muda untuk bisa diteruskan kegiatan ini, yang telah dimulai oleh kami saat jadi staf sampai pimpinan, selalu melakukan Silaturahmi Minggu Pagi. Hari ini kita mulai minimal di lingkungan masing-masing," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Heru Budi Bakal Evaluasi SOP Sodetan Ciliwung

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan, pihaknya bakal mengevaluasi fungsi Sodetan Ciliwung, Jakarta Timur agar dapat mengurangi banjir di Ibu Kota.

"Jadi kemarin Standar Operasional Prosedur (SOP) mau diperbaiki," ujar Heru di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (7/11/2023).

Heru menjelaskan, Sodetan Ciliwung bekerja ketika air Sungai Ciliwung hampir penuh. Maka dari itu, mekanisme itu bakal ia ubah.

Nantinya, Heru bakal meminta jajarannya agar Sodetan Ciliwung dapat dibuka meski air di sungai tak penuh.

"Jadi kalau bisa begitu mengalir ke Kali Ciliwung itu masuk dulu ke sodetan. Kalau selama ini kan tunggu posisi tertentu baru dia ngalir," ujar Heru.

Kini, Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane dan Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI sedang berdiskusi terkait perubahan SOP inu.

"Kemarin saya minta sudah langsung (air sungai ngalir) kebagi dua saja (ke Sungai Ciliwung dan Banjir Kanal Timur) sehingga di Bidara Cina tidak seperti kemarin," tambah Heru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini