Sukses

Mulai Desember 2023, Harga Tiket Kereta Cepat Whoosh Menjadi Rp200.000

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyampaikan bahwa harga tiket Kereta Cepat Whoosh menjadi Rp200.000 mulai Desember 2023.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyampaikan bahwa harga tiket Kereta Cepat Whoosh menjadi Rp200.000 mulai Desember 2023. Sebelumnya harga tiket Kereta Cepat Whoosh seharga Rp150.000 yang berlaku hingga akhir November 2023.

Menurut Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, penerapan tarif promo dan penambahan perjalanan pada Desember 2023 dilakukan untuk memberikan kesempatan lebih banyak masyarakat yang ingin menggunakan Kereta Cepat Whoosh.

"Penerapan tarif promo pada bulan Desember juga menjadi salah satu komitmen KCIC yang akan selalu menghadirkan berbagai program menarik untuk perjalanan Kereta Cepat Whoosh," ujar Dwiyana di Jakarta, melansir Antara, Sabtu (25/11/2023).

Ia mengatakan, tiket kereta cepat untuk perjalanan Desember sudah dapat dipesan oleh masyarakat mulai Jumat 24 November 2023.

"Pada hari Senin hingga Kamis, untuk kelas premium ekonomi tiket akan dijual seharga Rp200.000. Adapun untuk akhir pekan Jumat hingga Minggu tiket premium ekonomi dijual seharga Rp250.000," terang Dwiyana.

Menurut dia, seluruh tarif tersebut juga sudah termasuk perjalanan KA Feeder gratis dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung, begitu juga sebaliknya.

"Adapun pada bulan Desember akan terdapat 40 perjalanan per hari pada Senin hingga Kamis dan 48 perjalanan per hari pada akhir pekan yakni Jumat hingga Minggu," papar Dwiyana.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, Whoosh adalah layanan kereta komersial sehingga penetapan tarifnya akan menggunakan strategy dynamic pricing dan mengikuti demand penumpang, saat high season atau low season.

"Pendekatan responsif ini memungkinkan KCIC mengoptimalkan layanan, mengelola kapasitas secara efektif, dan mempertahankan standard layanan yang tinggi kepada penumpang," kata Dwiyana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sudah Layani 491 Ribu Penumpang

Secara total sejak awal beroperasi pada 17 Oktober 2023 hingga 22 November 2023, Kereta Cepat Whoosh telah melayani penumpang sebanyak 491 ribu orang. Rata-rata penumpang terbanyak mencapai 21 ribu per hari pada saat akhir pekan dan 18 ribu per hari pada hari biasa.

"Ada pun untuk okupansinya rata-rata mencapai 80 hingga 99 persen pada setiap rangkaian yang dioperasikan," ucap Dwiyana.

Dia menjelaskan, peningkatan volume penumpang dan okupansi yang tinggi pada setiap perjalanan kereta menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan dan minat masyarakat sangat positif untuk menjadikan kereta cepat Whoosh sebagai transportasi pilihan.

Untuk itu, kata Dwiyana, KCIC berkomitmen terus menghadirkan inovasi untuk memberikan pelayanan lebih kepada pelanggan.

"Mulai dari pemesanan rombongan, program kerja sama dengan lokasi wisata dan restoran, hingga menghadirkan integrasi antarmoda ke berbagai tujuan untuk memudahkan penumpang Kereta Cepat Whoosh," jelas Dwiyana.

 

3 dari 5 halaman

Mau Naik Kereta Cepat Whoosh dari Stasiun Halim, Ini 4 Transportasi Menuju ke Sana

Sebelumnya, sejumlah moda transportasi menuju Stasiun Kereta Cepat Halim sudah semakin banyak tersedia. Tercatat, sudah ada 4 intermoda yang bisa diakses calon penumpang Kereta Cepat Whoosh.

"Sebagai bentuk peningkatan layanan pada penumpang Kereta Cepat Whoosh, KCIC terus menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak untuk menghadirkan beragam intermoda dari dan menuju Stasiun Kereta Cepat Halim," ujar Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi dalam keterangannya, Rabu 22 November 2023.

Dari empat moda transportasi, terbaru ada DAMRI dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta. Sebelumnya, kemudahan akses penumpang dari dan menuju Stasiun Kereta Cepat Halim juga telah diakomodir melalui beroperasinya Bus Transjakarta dengan rute 7W, LRT Jabodebek, serta taksi konvensional yang memiliki area tunggu khusus untuk memudahkan penumpang.

"Alhamdulillah kami mendapat dukungan dari berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas layanan bagi penumpang khususnya moda transportasi lanjutan dari dan menuju Stasiun Kereta Cepat. Kehadiran keempat intermoda di Stasiun Kereta Cepat Halim ini sangat penting dalam upaya menghadirkan integrasi antarmoda agar masyarakat dapat beralih ke transportasi publik," ujar Slamet.

 

4 dari 5 halaman

Transportasi Lainnya

Layanan DAMRI Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat diakses di pintu utara area Stasiun Kereta Cepat Halim. Adapun jadwal operasional DAMRI dimulai dari pukul 07.00-20.00 WIB untuk keberangkatan dari Stasiun Halim dan 05.00-20.00 WIB untuk keberangkatan dari Bandara Soekarno-Hatta.

Dwiyana pun mengatakan, saat ini ada tarif promo hingga 50 persen atau hanya Rp40 ribu saja untuk penumpang Kereta Cepat Whoosh selama masa uji coba. Sementara, untuk moda LRT Jabodebek dapat diakses langsung melalui jembatan penghubung Stasiun Kereta Cepat Halim dan Stasiun LRT Halim.

Adapun rute yang tersedia untuk LRT Stasiun Halim adalah rute Dukuh Atas-Jati Mulya pp. Tarif LRT Jabodebek adalah 1 km pertama Rp3.000, selanjutnya 700/km maksimal Rp20.000 di weekday dan maksimal Rp10.000 di weekend.

Untuk rute paling awal menuju Dukuh Atas adalah pukul 05.23 WIB, dan paling terakhir adalah pukul 19.53 WIB. Sedangkan untuk rute paling awal menuju Jati Mulya adalah pukul 06.23 WIB, dan paling terakhir adalah pukul 20.53 WIB.

“LRT Jabodebek sudah bisa digunakan sejak Kereta Cepat Whoosh dioperasikan. Selama ini juga sudah banyak penumpang yang memanfaatkan integrasi moda dengan LRT ini untuk menuju ke berbagai tujuan," ujar Dwiyana.

 

5 dari 5 halaman

Transjakarta-Taksi

Sementara untuk Bus TransJakarta yang beroperasi yaitu TransJakarta nomor 7W dengan rute Cawang-Stasiun KCJB Halim.

Adapun rute yang akan dilalui yakni dari Cawang - Jalan Mayjen Sutoyo - Jalan D.I.Panjaitan - Stasiun Halim. Penumpang dapat menggunakan Bus Transjakarta dengan tarif Rp3.500 dengan menggunakan kartu uang elektronik.

Selain itu Stasiun Kereta Cepat Halim juga sudah terkoneksi dengan transportasi online dan taksi konvensional yang bisa diakses di sekitar pintu utara area Stasiun Kereta Cepat Halim.

Di samping moda transportasi lanjutan, KCIC juga terus berupaya menyediakan kemudahan aksesibilitas melalui akses Jalan DI Pandjaitan yang selesai dibangun Agustus 2023 lalu, ini menjadi akses utama masyarakat menuju stasiun kereta cepat Whoosh Halim.

"Ke depan, exit tol Jakarta-Cikampek KM 0+850 juga akan dibuka sebagai salah satu akses drop off ke stasiun Kereta Cepat Halim," kata Dwiyana.

Bagi masyarakat yang membawa kendaraan ke area Stasiun juga tidak perlu khawatir karena area Stasiun Kereta Cepat Halim dilengkapi dengan lahan parkir yang luas dengan kapasitas hingga 248 mobil ukuran sedang dan 301 sepeda motor. Tersedia dua area parkir yang cukup luas di sisi barat dan timur stasiun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.