Sukses

AWS Rilis 2 Chip Teranyar, Diklaim Punya Kinerja Terbaik

CEO dari raksasa komputasi awan asal Amerika Serikat, Amazon Web Service (AWS), Adam Selipsky mengumumkan perilisan dua chip generasi teranyarnya AWS Graviton4 dan AWS Trainium2.

Liputan6.com, Jakarta - CEO dari raksasa komputasi awan asal Amerika Serikat, Amazon Web Service (AWS), Adam Selipsky mengumumkan perilisan dua chip generasi teranyarnya AWS Graviton4 dan AWS Trainium2.

Dia mengatakan, dua chip tersebut menghadirkan kemajuan dalam performa harga dan efisiensi energi untuk berbagai beban kerja pelanggan, termasuk pelatihan pembelajaran mesin (Machine Learning) dan aplikasi kecerdasan buatan / Artificial Intellegence (AI) generatif.

“Graviton4 dan Trainium2 menandai inovasi terbaru dalam desain chip dari AWS dengan setiap generasi chip berturut-turut, AWS memberikan kinerja harga dan efisiensi energi yang lebih baik, memberi pelanggan lebih banyak pilihan,” kata Selipsky saat re:Invent 2023 di Venetian Hotel Convention Center, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Selasa (29/11/2023).

Selipsky menambahkan, Graviton4 memberikan performa komputasi hingga 30% lebih baik, core 50% lebih banyak, dan bandwidth memori 75% lebih banyak dibandingkan prosesor Graviton3 atau generasi saat ini.

“Gravinton4 memberikan performa harga terbaik dan efisiensi energi untuk berbagai beban kerja yang berjalan di Amazon EC2,” jelas Selipsky.

Sementara itu, lanjut Selipsky, untuk Trainium2 dirancang untuk memberikan pelatihan hingga 4 kali lebih cepat dibandingkan chip Trainium generasi pertama dan akan dapat diterapkan di UltraClusters EC2 hingga 100.000 chip.

“Sehingga Trainium2 memungkinkan untuk melatih model dasar (FM) dan Large Language Model atau Pemodelan bahasa besar (LLM) dalam satu dalam waktu singkat, sekaligus meningkatkan efisiensi energi hingga 2 kali lipat,” yakin dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Generasi Keempat

Sebagai informasi, Graviton4 menandai generasi keempat yang kami hasilkan hanya dalam waktu lima tahun, dan merupakan chip paling kuat dan hemat energi yang pernah kami buat untuk berbagai beban kerja.

Sementara itu, dengan meningkatnya minat terhadap AI generatif, Trainium2 akan membantu pelanggan melatih model ML mereka dengan lebih cepat, dengan biaya lebih rendah, dan dengan efisiensi energi yang lebih baik.

Diketahui, AWS menawarkan lebih dari 150 jenis instans Amazon EC2 yang didukung Graviton secara global dalam skala besar. AWS juga telah membangun lebih dari 2 juta prosesor Graviton dan memiliki lebih dari 50.000 pelanggan—termasuk 100 pelanggan EC2 yang menggunakan instans berbasis Graviton untuk mencapai kinerja harga terbaik untuk aplikasi mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini