Sukses

Jadi Daerah yang Punya Potensi Wisata Indah, Kutai Timur Buka Peluang untuk Investor

Kutai Timur memang memiliki destinasi wisata yang sangat beragam, mulai dari wisata alam khas hutan tropis dengan berbagai habitat dan tumbuhan langka, termasuk hewan eksotis yang hanya ada di Kalimantan.

Liputan6.com, Kutai Timur Kutai Timur menjadi salah satu kabupaten di Tanah Air yang memiliki potensi wisata yang tak kalah indah dari daerah lain di Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur pun membuka peluang seluas-luasnya kepada para pengusaha untuk berinvestasi di sektor pariwisata. 

Ya, julukan magic land atau tanah penuh keajaiban bukan isapan jempol. Seiring perkembangan pembangunan Ibu Kota Nusantara, Kutai Timur bisa menjadi pusat wisata alam di Indonesia. Untuk mengembangkan sektor wisata, Kepala Dinas Pariwisata Kutai Timur Nurullah menyebut pihaknya sangat terbuka untuk investor.

"Kami masih sangat terbuka dan siap berkolaborasi (dengan investor)," kata  Nurullah beberapa waktu lalu.

Kutai Timur memang memiliki destinasi wisata yang sangat beragam, mulai dari wisata alam khas hutan tropis dengan berbagai habitat dan tumbuhan langka, termasuk hewan eksotis yang hanya ada di Kalimantan.

"Belum lagi ada wisata gunung Karst di Kecamatan Karangan yang menjadi salah satu tujuan wisata favorit wisatawan mancanegara, karena menjadi salah satu situs warisan dunia, ini juga menjadi salah satu potensi pariwisata kita untuk bisa dikembangkan," ujar Nurullah.

Kutai Timur juga memiliki destinasi wisata bahari, yang menawarkan beragam keindahan alam bawah laut dan dijamin mampu memanjakan mata para wisatawan, dengan terumbu karangnya yang masih sangat perawan, ditambah ribuan jenis ikan di dalamnya.

"Sebut saja, Pulau Miang, Pantai Teluk Prancis, kawasan batu putih, dan masih banyak lagi," kata Nurullah.

Hingga saat ini, lanjut Narullah, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur juga secara bertahap  terus melakukan beberapa langkah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Selain gencar mempromosikan di berbagai event, perbaikan sarana dan prasarana penunjang juga terus ditingkatkan, termasuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini