Sukses

Jelang Nataru, Perumda Dharma Jaya Pastikan Stok Daging Aman 3 Kali Lipat

BUMD milik Pemprov DKI Jakarta Perumda Dharma Jaya memastikan stok daging menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) aman dan direncanakan untuk meningkatkan tiga kali lipat dari stok biasa.

Liputan6.com, Jakarta - BUMD milik Pemprov DKI Jakarta Perumda Dharma Jaya memastikan stok daging menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) aman dan direncanakan untuk meningkatkan tiga kali lipat dari stok biasa.

Hal tersebut berdasarkan instruksi dari Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam sejumlah rapat koordinasi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi DKI Jakarta.

Direktur Utama Perumda Dharma Jaya, Raditya Endra Budiman mengatakan, dalam setiap perayaan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) pihaknya selalu menyiapkan stok daging atau protein hewani sebagai cadangan.

"Stok cadangan ditingkatkan tiga kali lipat akan kita lakukan sambil melihat animo dan kebutuhan masyarakat. Tentunya, stok akan kita tingkatkan. Tidak hanya itu, Pj. Gubernur Heru meminta kami agar dapat menjaga stok protein hewani dari Nataru sampai dengan Lebaran. Tidak hanya untuk mengantisipasi ada kebutuhan pangan di HBKN, tetapi juga adanya isu krisis pangan dan inflasi. Jadi kita harus standby untuk stoknya," kata Raditya Endra Budiman di Jakarta, Rabu (13/12/2023).

Dia mengatakan, pihaknya tetap menjamin ketersediaan stok daging meliputi sapi, ikan dan ayam tetap aman sampai Hari Raya Idul Fitri tahun 2024. Sebab stok daging berasal dari daging sapi langsung dari Australia dan berbagai daerah produsen daging dengan adanya kerja sama pihak swasta.

"Ini yang berperan serta menjaga ketahanan pangan. Jadi, saya menjamin kebutuhan daging untuk penerima manfaat dan komersil aman sampai Lebaran tahun depan," paparnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebutuhan Daging Capai 6 Ribu Ton

Raditya menyatakan, kebutuhan daging saat HBKN di DKI Jakarta mencapai rata-rata 6 ribu ton per bulan, atau mengalami peningkatan sekitar 10-15 persen dari hari-hari biasa.

Stok daging cadangan sampai saat ini mencapai 200-300 ton, dan akan ditingkatkan tiga kalinya yakni 600 ton.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta, Suharini Eliawati membenarkan adanya instruksi Pj. Gubernur DKI Jakarta untuk meningkatkan stok pangan tiga kali lipat untuk kebutuhan Nataru hingga Lebaran tahun depan.

 

3 dari 3 halaman

Tingkatkan Stok Pangan

Eli mengungkapkan arahan Pj. Gubernur DKI untuk meningkatkan stok pangan tiga kali lipat, karena adanya Nataru, kemudian tahun depan adalah tahun politik yang banyak menggelar kampanye hingga berujung pada pemilihan presiden (Pilpres), pemilihan legislative (Pileg) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada).

"Kemudian pada Maret 2024 sudah masuk ke bulan Ramadan, April ada HBKN Hari Raya Idul Fitri. Ini pun perlu diantisipasi setelah masa El Nino. Lalu sekarang sudah masuk musim penghujan sehingga distribusinya kurang lancar. Arahan Pj. Gubernur DKI, kalau biasa kita stok lima hari ditambah menjadi 10 hari. Itu sudah dilakukan oleh Perumda Dharma Jaya, PT Food Station Tjipinang Jaya dan Perumda Pasar Jaya," kata Eli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.