Sukses

Dari Pegunungan Karst hingga Indahnya Pulau Miang, Ini Keajaiban Alam yang Ada di Kabupaten Kutai Timur!

Jika menyebrang ke tengah laut, wisatawan akan menemukan gugusan kepulauan yang cantik, Pulau Miang salah satunya. Pulau yang terletak di Kecamatan Sangkulirang pun sudah disahkan menjadi Wisata Kampung Bahari Nusantara oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai tanah penuh keajaiban, Kabupaten Kutai Timur memiliki potensi wisata yang sangat banyak. Selain itu, dengan bentang alam yang indah, kabupaten ini pun memiliki potensi luar biasa di sektor pariwisata.

Mulai dari pesisir pantai, pegunungan karst, hutan dengan flora dan fauna, hingga budaya dan kearifan lokal, hampir seluruhnya ada di Kabupaten Kutai Timur. Untuk itu, upaya promosi dan peningkatan sektor pariwisata terus dilakukan secara menyeluruh dan mendalam oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Timur.

Seperti halnya dari kekayaan alam yang terdapat di hutan. Kabupaten Kutai Timur memiliki hutan yang indah, seperti Hutan Lindung Wehea. Kawasan Hutan Lindung Wehea memiliki potensi keanekaragaman hayati, baik jenis flora yang tinggi, jenis pohon, jenis anggrek, jenis jamur, jenis liana, maupun rotan.

Sementara itu, potensi fauna di kawasan hutan lindung wehea juga terbilang tinggi, terutama jenis primata mamalia atau burung. Menariknya, di tengah hutan rimba itu, menjulang gugusan karst yang indah. 

 

2 dari 4 halaman

Gugusan Karst yang Indah

Gugusan karst di tengah Hutan Lindung Wehea dinamakan Karst Sangkulirang dan menyambung dengan Karst Mangkalihat. Luas karst tersebut mencapai 171 ribu hektare dan sekitar 550 ribu hektare kawasan ini dilindungi serta menjadi aset negara yang sangat berharga karena memiliki nilai ekonomi, sosial, budaya, dan ilmiah.

Kawasan karst ini juga memberi informasi tentang jejak manusia purba yang bisa dilihat dari lukisan tangan, gambar perahu, dan lukisan berbagai jenis binatang yang tergambar jelas pada dinding-dinding gua. Jejak manusia purba tersebut telah ada di Kutai Timur sekitar 10 ribu SM.

Selain keberadaan gua-gua, Kutai Timur juga memiliki sungai bawah laut, cadangan batu kapur, dan bahan semen. Seluruh kekayaan itu sangat melimpah dan cocok dijadikan spot pariwisata alam.

Tak hanya itu, Kutai Timur juga memiliki hamparan pantai yang indah dan bersih di sepanjang pesisir laut. Kabupaten yang berdiri pada 12 Oktober 1999 ini juga memiliki pantai sepanjang 500 kilometer, salah satunya pantai sekerat.

 

3 dari 4 halaman

Pantai di Ujung Gugusan Karst

Pantai Sekerat memiliki kontur yang cukup unik karena berada di ujung gugusan karst.  Sehingga dalam satu tempat, masyarakat atau wisatawan bisa menikmati pantai sekaligus pegunungan karst yang membentang.

Karena berada dekat dengan gugusan karst, Pantai Karst cukup unik. Terdapat aliran air tawar menuju ke pantai, sehingga pengunjung bisa menikmati air laut yang asin dan air dari mata air karst yang tawar.

Selain keunikan alam, Pantai Sekerat juga rutin menggelar festival yang dirangkai dengan upacara adat. Karena banyak dihuni warga Suku Kutai, Pantai Sekerat telah dijadikan kawasan ritual kebudayaan untuk pelestarian budaya adat Kutai atau pelas laut.

Jika menyebrang ke tengah laut, wisatawan akan menemukan gugusan kepulauan yang cantik, Pulau Miang salah satunya. Pulau yang terletak di Kecamatan Sangkulirang pun sudah disahkan menjadi Wisata Kampung Bahari Nusantara oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin.

Dan untuk menarik wisatawan, rumah-rumah warga pun disulap menjadi homestay taman bunga. Untuk itu, setiap rumah menanam bunga-bunga yang mempercantik lingkungan permukiman.

 

4 dari 4 halaman

Dikelilingi Gugusan Terumbu Karang

Bagi para wisatawan, Pulau Miang adalah surga! Ya, pasalnya pulau ini dikelilingi gugusan terumbu karang yang cantik dan terhampar luas. Hampir di setiap sudut pulau bisa menikmati terumbu karang yang indah. 

Berkaitan dengan itu, Pemkab Kutai Timur pun sudah menyiapkan spot olahraga bawah laut, seperti snorkeling dan diving. Melalui spot itu, wisatawan akan dimanjakan dengan panorama alam bawah laut yang mengagumkan. 

Tak hanya itu, kelebihan Pulau Miang lainnya adalah tempatnya yang masih alami. Meski dikembangkan sebagai tempat wisata bahari, Pulau miang pun tetap dijaga kelestariannya oleh Pemkab Kutai Timur.

Di sana, sudah ada penambahan fasilitas untuk memudahkan wisatawan melancong, salah satunya jembatan ulin untuk memudahkan wisatawan berkeliling pulau. Wisatawan pun bisa merasakan keindahan hutan mangrove yang mengelilingi pulau ini.

Karena tidak memiliki pantai, wisatawan yang hadir pun akan mendapatkan pengalaman baru dalam berwisata bahari.

Lebih menariknya lagi, Pulau Miang adalah surga bagi para pemancing. Ikan besar seperti kerapu, bawal, dan kakap siap menjadi pelengkap strike wisatawan.

So, perlu diingat, Pulau Miang adalah satu dari sekian banyak pulau cantik di Kabupaten Kutai Timur. Masih banyak pulau-pulau lain yang layak menjadi tujuan wisata, jadi jangan lupa untuk dikunjungi!

 

(*)