Sukses

Progres Capai 34%, Hotel Nusantara di IKN Rampung Agustus 2024

Progres pembangunan berbagai infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN) semakin cepat.

Liputan6.com, Jakarta Progres pembangunan berbagai infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN) semakin cepat. Salah satu pembangunan yang tengah dilakukan di IKN adalah Hotel Nusantara yang diproyeksikan bakal rampung pada Agustus 2024 mendatang.

“Saya ingin melihat proses pembangunan yang sudah groundbreaking bulan September lalu, salah satunya Hotel Nusantara yang sudah selesai 34% setelah kurang lebih 3 bulan,” ujar Presiden Joko Widodo saat meninjau langsung proyek pembangunan Hotel Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu (20/12/2023).

Dirinya pun mengungkapkan bahwa pembangunan sejumlah infrastruktur lainnya yang telah dilakukan groundbreaking dinilai memiliki progres pembangunan yang sama dengan Hotel Nusantara.

“Ini saya kira yang lain-lain mestinya progres-nya akan kurang lebih mirip-mirip seperti Hotel Nusantara ini,” ungkapnya.

Jokowi juga menjelaskan, pembangunan sejumlah proyek yang ada di IKN pada saat ini menunjukkan semakin bertambahnya minat investor untuk berinvestasi di sana. Untuk itu, ia menyebut, progres pembangunan setiap infrastruktur yang telah dilakukan groundbreaking harus terus dicek perkembangannya setiap bulan.

“Ini yang saya bilang setelah yang satu masuk, yang lain pasti berbondong-bondong, yang lain berbondong-bondong yang di belakangnya akan berbondong-bondong lagi, dengan ini yang berbeda-beda ada hotel, ada mal, ada sport center, ada rumah sakit, tapi memang progres setiap bulan harus dicek, dilihat,” jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibangun dengan Luas 20.164 Meter

Pembangunan Hotel Nusantara merupakan hasil investasi konsorsium yang diinisiasi oleh Agung Sedayu Group (ASG) dan terdiri dari sembilan perusahaan swasta dalam negeri senilai Rp20 triliun. Hotel Nusantara ini akan dibangun dengan luas 20.164 meter persegi dan dengan tinggi bangunan mencapai 43,10 meter. 

Bangunan hotel yang terdiri dari sembilan lantai itu akan memiliki kamar sejumlah 191 unit dengan enam tipe kamar. Masing-masing tipe kamar adalah Premier Twin sebanyak 61 unit, Premier King sebanyak 102 unit, Junior Suite sebanyak 14 unit, Executive Suite sebanyak 12 unit, Disable Room sebanyak 1 unit, dan President Suite sebanyak 1 unit.

Seperti yang diketahui, pemasangan atap bangunan (topping off) hotel bintang lima itu ditargetkan selesai pada kuartal pertama 2024. Selain itu, target penyelesaian secara keseluruhan akan rampung pada Agustus 2024.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.