Sukses

Ornamen Betawi hingga Kalimantan Hiasi Gereja Katedral Jelang Misa Malam Natal 2023

Adapun dekorasi Natal 2023 oleh Gereja Katedral Jakarta Paroki Santa Maria ini mengusung tema 'Cinta Bumi dan Budaya Nusantara'.

Liputan6.com, Jakarta - Ornamen khas Betawi menghiasi Gereja Katedral jelang Malam Misa Natal dan Misa Hari Raya Natal 2023. Bukan tanpa alasan, adanya ornamen Betawi rupanya menyelaraskan tema Natal 2023 'Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi'.

Adapun dekorasi Natal 2023 oleh Gereja Katedral Jakarta Paroki Santa Maria ini mengusung tema 'Cinta Bumi dan Budaya Nusantara'. Berbagai ornamen kebudayaan dapat ditemui di halaman utama kompleks Gereja, Katedral, Plaza Maria dan Gua Maria.

Pantauan Liputan6.com, ornamen Betawi ditemui di hampir pada setiap sudut bagian luar Gereja Katedral. Paling khas nampak ornamen ondel-ondel yang terdapat di bagian gerbang registrasi dan non registrasi.

"Dalam rangka sedikit mengambil tema itu, jadi ada gambar-gambar rumah Betawi dan juga ada aksesoris seperti ondel-ondel yang mewakili DKI Jakarta bahkan delmannya," kata Humas Gereja Katedral dan Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Susiana Suwadi kepada wartawan di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Minggu (24/12/2023).

Selain itu, ornamen Betawi tersebut juga disandingkan dengan sejumlah boneka berbaju adat khas Kalimantan. Adanya boneka kayu berbaju adat Kalimantan itu menjadi penanda persiapan negara mempersiapkan ibu kota baru di Kalimantan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ornamen Natal di Gereja Katedral Buatan Jepara

Terlihat, sejumlah ornamen kebudayaan juga dipasang pada pohon natal setinggi 8 meter di halaman Gereja Katedral.

Susiana menyatakan, semua ornamen kebudayaan itu merupakan karya anak bangsa dari Jepara, Jawa Tengah.

"Kemudian juga disandingkan dengan unsur dari detail-detail dari Kalimantan dan juga terlihat di boneka-boneka, patung yang merupakan karya anak bangsa dari Jepara yang beberapa mewakili dari daerah-daerah," ucap Susiana.

Tak hanya itu, adapula spanduk grafis dan rumah adat Betawi yang dihiasi ornamen delman. Ada pula rumah adat Dayak yang berhiaskan tameng khas Dayak.

Sebagai informasi, Gereja Katedral menyiapkan 800 kursi bagi umat di dalam gereja saat Misa Natal. Sedangkan area luar gereja meliputi Plaza Maria dan Gua Maria mampu menampung 550 kursi, tenda 1536, Grha Pemuda lantai dasar 286 kursi.

3 dari 4 halaman

Gereja Katedral Jakarta Rampungkan Persiapan Natal 2023

Gereja Katedral Jakarta merampungkan persiapan jelang Misa Malam Natal dan Misa Hari Raya Natal. Adapun Misa Natal 2023 akan berlangsung pada hari Minggu ini, (24/12/2023).

"Hari ini kami telah siap 100 persen untuk menyambut umat yang nanti beribadah ke Gereja Katedral Jakarta ini," kata Humas Gereja Katedral dan Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Susiana Suwadi kepada wartawan di Gereja Katedral, Minggu (24/12/2023).

Jadwal Misa Malam Natal pada Minggu malam ini bakal dihelat tiga kali. Dua kali di antaranya digelar secara hybrid (offline dan online).

"Yaitu pukul 16.30 WIB sebagai misa hybrid jadi offline dan online. Dilanjutkan sesi atau misa kedua yaitu pukul 19.00 WIB merupakan juga misa hybrid. Misa ketiga adalah pukul 21.30 hanya offline saja," kata Susiana.

Susiana menyampaikan, tujuan diadakan misa hybrid sebanyak dua kali ialah untuk menampung umat yang sedang tidak sehat, mengalami komorbid, atau lansia yang tidak berkesempatan hadir secara langsung di Gereja Katedral. Sehingga, bisa mengikuti misa secara online.

"Sedangkan bagi umat yang bisa melaksanakan misa secara offline diharapkan bisa datang langsung mengikuti misa," kata dia.

4 dari 4 halaman

Siap Tampung hingga 4.000 Umat

Pada Natal 2023, tema yang diusung ialah 'Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera Bagi Bumi. Gereja Katedral, siap menampung 3.000-4.000 ribu umat untuk Misa Malam Natal dan Misa Hari Raya Natal.

"Kapasitas Katedral termasuk di dalam Gereja itu kami bisa menampung kurang lebih sekitar 3.300 umat. Namun, karena kami juga masih memiliki kursi cadangan bisa sekitar 3.500 hingga 4.000 setiap kali misa," ucap Susiana.

Berikut jadwal lengkap Misa Malam Natal dan Misa Hari Raya Natal 2023 di Gereja Katedral Jakarta:

1. Misa Malam Natal Katedral Jakarta 2023 Minggu 24 Desember 2023

16.30 WIB - Tatap Muka dan daring

19.00 WIB - Tatap Muka dan Daring

21.30 WIB - Tatap Muka

2. Misa Hari Raya Natal Gereja Katedral Jakarta 2023 25 Desember 2023

08.30 WIB - Pontifikal : Tatap muka dan daring

11.00 WIB - Misa Keluarga: Tatap Muka

17.00 WIB - Tatap muka dan online3 dari 3 halaman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini