Sukses

Menko Muhadjir Hadiri Misa Malam Natal di Katedral, Bicara Semangat Toleransi

Pada ribuan jemaat Gereja Katedral yang mengikuti misa Natal 2023, Menko Muhadjir Effendy berbicara soal semangat toleransi di tengah kemajemukan umat beragama di tanah air.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, menghadiri Misa Malam Natal di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Minggu (24/12/2023).

Pantauan Liputan6.com, Muhadjir tiba bersama rombongan Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, hinggaKapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Rombongan hadir di Katedral sebelum Misa Malam Natal pertama pukul 16.38 WIB dihelat.

"Pertama saya menyampaikan salam hormat dari Bapak Presiden Joko Widodo pada Romo Kardinal Dan seluruh umat khususnya yang sekarang sedang menjalankan kebaktian di katedral ini," kata Muhadjir di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Minggu (24/12/2023).

Pada ribuan jemaat Katedral, Muhadjir Effendy berbicara soal semangat toleransi di tengah kemajemukan umat beragama di tanah air. Dia mengimbau agar kemajemukan tersebut disikapi secara bijak.

"Kita menyadari bahwa bangsa kita adalah bangsa yang majemuk terdiri dari beragam suku, etnis, bahasa, budaya, dan juga agama. Kita harus menyikapi menghadapi kemajemukan tersebut dengan membangun semangat kebersamaan," jelas Muhadjir.

Menurutnya, sikap saling memahami di tengah perbedaan itu akan menguatkan toleransi antar umat beragama di Indonesia. Dia menilai, adanya toleransi akan membuat keberagaman menjadi indah.

"Toleransi itu lah kemajemukan di Indonesia, kebhinekaan Indonesia yang akan menjadi sebuah mozaik yang indah bukan serpihan yang tercerai berai tetapi sebuah mozaik yang indah dan lem perekatnya adalah semangat persatuan dan kesatuan yang terus kita bangun kita kumandangkan bersama," kata dia.

Muhadjir berharap Natal 2023 membawa kebahagiaan dan cinta bagi para jemaat yang merayakan.

"Mudah-mudahan dengan perayaan Natal 2023 ini kita akan terus memanen cinta kasih, sesama kita terus menuai berkah dan kasih sayang diantara kita semua di bawah perlindungan Tuhan yang maha kuasa," ucap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gereja Katedral Jakarta Disterilisasi Jelang Misa Malam Natal 2023

Sejumlah Tim Penjinak Bom (Jibom) Gegana Brimob Polda Metro Jaya melakukan sterilisasi Gereja Katedral, Jakarta Pusat jelang Misa Malam Natal, Minggu (24/12/2023).

Pantauan Liputan6.com, para petugas memasuki area gereja sekira pukul 12.55 WIB. Para petugas nampak membawa alat pelacak memastikan kawasan gereja steril jelang Misa Malam Natal.

Terlihat pula, Anggota Ditpol Satwa K-9 Squad Korp Sabhara Polda Metro Jaya yang membawa total tiga anjing pelacak menyusuri area gereja. Ada pula tim dari Mabes Polri dan Kabarhakam Polri saat sterilisasi berlangsung.

Proses sterilisasi dimulai dari gerbang utama gereja yang berada di Seberang Masjid Istiqlal, menuju halaman gereja, bagian dalam Gereja, menuju Ruang Tadeus, hingga Ruang Thomas.

Para petugas memastikan sterilisasi dilakukan secara menyeluruh. Ornamen natal paling kecil pun tidak luput dari proses sterilisasi.

Humas Gereja Katedral dan Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Susiana Suwadi mengatakan, proses sterilisasi bersama tim keamanan dari TNI/Polri rutin dilakukan pada setiap perayaan Natal. Hal tersebut, kata dia guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

"Seperti biasa setiap tahun, setiap Natal, maupun paskah para aparat TNI/Polri tentu mendukung penuh demi kelancaran dan keamanan," kata Susiana kepada wartawan di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Minggu (24/12/2023).

Menurut Susiana, sterilisasi oleh pihak keamanan selalu dilakukan pada siang hari jelang Misa Natal digelar.

"Dilakukan oleh aparat TNI/Polri tentu saja dengan Tim Gegana maupun K-9," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Jadwal Misa Natal

Adapun jadwal Misa Malam Natal di Gereja Katedral dihelat pada Minggu (24/12/2023) malam nanti. Misa dibagi menjadi tiga, yaitu pada pukul 16.30 WIB (hybrid), pukul 19.00 WIB (hybrid), dan pada pukul 21.30 WIB yang digelar secara tatap muka (offline).

Sementara itu, perayaan Misa Hari Raya Natal 2023 di Gereja Katedral Jakarta berlangsung besok, Senin 25 Desember 2023. Misa juga diselenggarakan tiga kali, dua diantaranya secara hybrid (offline dan online).

Pada pukul 08.30 WIB, Misa Pontifikal yang berlangsung secara tatap muka dan daring. Kemudian, Misa Keluarga pukul 11.00 WIB (tatap muka), dan terakhir pada pukul 17.00 WIB (hybrid).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini