Sukses

Jelang Misa Keluarga, Jemaat Natal 2023 Mulai Padati Gereja Katedral Jakarta

Umat Katolik mulai memadati Gereja Katedral, Jakarta Pusat menjelang Misa Keluarga pada perayaan Natal, Senin (25/12/2023). Pantauan Liputan6.com, pada pukul 10.56 WIB, para jemaat tampak sudah berdatangan. Mereka merupakan rombongan keluarga yang datang bersama anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta - Umat Katolik mulai memadati Gereja Katedral, Jakarta Pusat menjelang Misa Keluarga pada perayaan Natal, Senin (25/12/2023).

Pantauan Liputan6.com, pada pukul 10.56 WIB, para jemaat tampak sudah berdatangan ke Gereja Katedral. Mereka merupakan rombongan keluarga yang datang bersama anak-anak.

Area dalam dan luar Gereja Katedral mulai penuh dengan jemaat. Meski tak sebanyak jemaat pada misa sebelumnya.

Terlihat, sejumlah aparat kepolisian berjaga mengamankan lokasi jelang Misa Keluarga berlangsung. Misa dijadwalkan mulai pada pukul 11.00 WIB.

Jelang Misa Keluarga dimulai, nampak para jemaat memilih untuk berfoto bersama di lingkungan Gereja Katedral terlebih dahulu. Mereka terlihat gembira dan bersukacita.

"Ayo foto dekat pohon cemara," kata anak seorang jemaat.

"Di sana depan gerbang itu juga bagus. Nanti kita foto di sana juga ya," kata seorang jemaat.

Jadwal Misa Natal Gereja Katedral

Adapun jadwal Misa Hari Raya Natal, Senin (25/12/2023) di Gereja Katedral Jakarta adalah sebagai berikut:

Misa Pontifikal (Online & Offline)

- Pukul 08.30 WIB- Uskup Ignatius Kardinal Suharyo & Kuria KAJ

Misa II (Offline)

- Misa Keluarga Pukul 11.00 WIB- Romo Yohanes Deodatus, SJ

Misa Sore (Online & Offline)

- Pukul 17.00 WIB- Romo Albertus Hani Rudi, SJ

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masjid Istiqlal Sediakan Parkir untuk Jemaat Misa Natal

Sementara itu, Masjid Istiqlal yang berada di seberang Gereja Katedral, Jakarta Pusat menyediakan kantong parkir bagi jemaat Misa Natal 2023 Gereja Katedral.

Kepala Bagian (Kabag) Umum dan Sumber Daya Manusia (SDM) Masjid Istiqlal, Ismail Chawidu mengatakan, pihaknya menyiapkan area basemen sebagai lokasi parkir yang bisa digunakan jemaat Gereja Katedral.

 Menurut Ismail, kegiatan ini telah rutin dilakukan Istiqlal apabila Katedral memperingati acara besar.

"Ya betul setiap acara-acara besar yang dilaksanakan di Katedral, Istiqlal menyiapkan parkir di lantai basemen I dan II," kata Ismail saat dikonfirmasi, Senin (25/12/2023).

Ismail menyatakan, kantong parkir untuk para jemaat tersedia 24 jam. Sehingga, jemaat yang akan melangsungkan ibadah Misa Natal tak perlu khawatir.

"Kami buka 24 jam dengan menambah petugas yang hari biasa hanya 6 orang, kami tambah jadi 16 orang dengan 21 security," ujar Ismail.

Lebih lanjut, Ismail menyampaikan basemen I dan II Masjid Istiqlal mempunyai kapasitas cukup besar untuk parkir kendaraan. Dengan rincian mampu menampung 800-1.000 kendaraan milik jemaat Gereja Katedral.

3 dari 3 halaman

Jokowi Ucapkan Selamat Hari Natal 2023

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat natal melalui sosial media pribadinya.

Mengutip akun instagram pribadinya @jokowi, presiden berpesan agar Natal 2023 dapat dirayakan dengan sukacita dan juga damai.

“Selamat merayakan Hari Natal dalam sukacita bagi saudara umat Kristiani,” tulis Jokowi seperti dikutip Liputan6.com, Senin (25/12/2023).

Jokowi berharap, agar natal dapat membawa kesejahteraan bagi setiap insan di dunia.

“Semoga kedamaian, keselamatan, dan kesejahteraan senantiasa menyertai kita semua,” ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini