Sukses

Arus Balik Wisata, Sepanjang Jalur Puncak Bogor Macet

Sejak pukul 12.00 WIB diberlakukan one way dari arah Puncak menuju Jakarta dan masih berlangsung hingga pukul 16.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Arus balik wisatawan dari arah Cianjur menuju Jakarta di Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor macet parah, Senin sore (25/12/2023).

Dari pantauan di lapangan, sejak pukul 12.00 WIB diberlakukan one way dari arah Puncak menuju Jakarta dan masih berlangsung hingga pukul 16.00 WIB.

Namun, hal itu tak membuat kemacetan terurai. Kemacetan tampak cukup panjang, terpantau mulai dari kawasan Masjid Atta'awwun sampai Simpang Gadog.

Kemacetan yang mengular di Jalan Raya Puncak itu menyebabkan kendaraan roda empat maupun bus hanya bisa bergerak maju perlahan.

Di titik lokasi lain, laju kendaraan terhenti selama beberapa menit dan hanya bergerak sejauh beberapa meter.

"Maju cuma sedikit, sedikit. Pegal juga kaki sama pinggang," ujar Rusdianto, asal Tangerang.

Rusdianto mengaku hendak pulang usai menginap bersama keluarganya di villa di kawasan Pacet, Cianjur.

Lalu lintas dari arah Cianjur tersendat lantaran adanya pertemuan arus kendaraan dari arah tempat penginapan seperti vila hingga objek wisata.

Selain itu, hambatannya lainnya disebabkan banyak pengendara motor dan mobil parkir di pinggir jalan dan mereka beristirahat di warung-warung.

Sesekali, pengendara yang melintas membunyikan klakson sebagai peringatan agar tidak parkir di bahu jalan.

"Woi bikin tambah macet saja," teriak seorang pengendara mobil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Libur Natal 2023, 152.871 Kendaraan Melintasi Jalur Puncak Bogor

Sebanyak 152.871 kendaraan melintasi kawasan Puncak, Kabupaten Bogor jelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto mengatakan, jumlah kendaraan yang melintasi kawasan Puncak Bogor tersebut berdasarkan informasi tim traffic acount Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) selama tiga hari, dari Jumat (22/12/2023) hingga Minggu (24/12/2023).

"Selama tiga hari, dari Jumat sampai Minggu pukul 20.00 WiB ada sebanyak 152.871 kendaraan masuk Puncak," kata Ardian, Senin (25/12/2023).

Ardian merinci pada Jumat jumlah kendaraan roda dua dan empat yang melintasi Puncak tercatat sebanyak 42.221 kendaraan. Kemudian pada Sabtu jumlah kendaraan yang melintas sebanyak sebanyak 60.940 kendaraan. Selanjutnya, pada Minggu sebanyak sebanyak 49.710 kendaraan.

"Jadi lonjakan kendaraan paling tinggi di kawasan Puncak pada hari Sabtu yaitu sebanyak 60.940 kendaraan," ujar Ardian.

Sementara itu, situasi arus lalu lintas menuju kawasan Puncak, Senin (25/12/2023) pukul 09.30 WIB kembali meningkat. Namun antrean kendaraan terpantau tidak separah hari sebelumnya.

Kepadatan terlihat di Simpang Gadog, akses utama menuju kawasan Puncak sampai dengan kawasan Cibogo.

Laju kendaraan tersendat akibat keluar masuk kendaraan dan aktivitas pengunjung yang menyeberang jalan di kawasan wisata Mini Mania ini.

Sementara di beberapa ruas jalan menuju Puncak Bogor arus lalu lintas tampak ramai lancar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini