Sukses

Arus Balik Libur Tahun Baru, Polisi Berlakukan One Way di Tol Palimanan Hari Ini

Sigit menyebut salah satu persiapannya adalah rekayasa lalu lintas untuk di Tol Palimanan yang bakal diterapkan one way atau satu arah. Langkah itu dilakukan guna mengurai kepadatan kendaraan yang menuju Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan pihaknya telah mempersiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas dalam rangka arus balik libur tahun baru 2024 yang diprediksi dimulai Senin-Selasa (1-2 Januari 2024).

"Tentunya perlu ada cara bertindak untuk melakukan kegiatan pengamanan sekaligus pada saat pulangnya,” kata Sigit di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (31/12/2023) malam.

Sigit menyebut salah satu persiapannya adalah rekayasa lalu lintas untuk di Tol Palimanan yang bakal diterapkan one way atau satu arah. Langkah itu dilakukan guna mengurai kepadatan kendaraan yang menuju Jakarta.

“Kemudian tadi disampaikan juga bahwa kemungkinan kita akan melaksanakan kegiatan one way di jalur tol besok (hari ini) di Palimanan,” kata dia.

“Nanti akan dijelaskan secara langsung lebih lanjut Mengantisipasi manakala ada puncak arus balik yang akan masuk kembali ke Jakarta,” tambahnya

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persiapan Arus Balik Berjalan Baik

Sigit juga memastikan secara umum persiapan untuk arus balik telah berjalan lancar sesuai kendali. Sehingga, ia berharap semua persiapan yang dilakukan bisa berjalan dengan baik.

"Secara khusus seluruhnya sampai dengan tadi dilaporkan dalam keadaan terkendali, dan kita berharap ini semua bisa kita jaga kita amankan dan kita bisa melewati dan masuk pergantian tahun dengan aman dan lancar," ujarnya.

Adapun gambaran rekayasa lalu lintas one way akan akan diberlakukan mulai Km 188 GT Palimanan hingga Km 72 GT Cikampek Utama saat arus balik tahun baru, dilanjut contraflow untuk arus dari KM 72 sampai KM 36.

 

 

3 dari 3 halaman

Kendaraan Arah Balik Jalur One Way Dialihkan

Sedangkan kendaraan yang berada pada jalur one way arah balik bisa keluar melalui sejumlah gate interchange, seperti Sumber Jaya, Kertajati, Cisumdawu, Cikedung, Subang, Kalijati, Cikopo.

Lalu, untuk kendaraan dari Bandung yang akan menuju ke Cirebon melewati Tol Cisumdawu akan dikeluarkan di exit Ujung Jaya- Majalengka- Cirebon- Palimanan 3.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.