Sukses

5 RT di Jakarta Selatan Banjir Usai Hujan Deras, Kawasan Jalan Kemang Banjir hingga 40 Cm

Akibat hujan, sejumlah wilayah di Jakarta Selatan banjir. Berdasar data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), ada lima RT di Jakarta Selatan tergenang.

 

Liputan6.com, Jakarta Hujan deras mengguyur Jakarta. Akibatnya, sejumlah wilayah di Jakarta Selatan banjir. Berdasar data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), ada lima RT di Jakarta Selatan tergenang.

"BPBD mencatat saat ini terdapat 5 RT atau 0.016% dari 30.772 RT dan 6 ruas jalan tergenang," ujar Kepala BPBD Jakarta, Isnawa Adji, dalam keterangannya, Kamis (4/1/2023).

Dia merinci, dari lima RT tersebut, dua RT di antaranya berada di Kelurahan Pejaten Barat dengan ketinggian air hingga 150 cm. Satu lainnya RT di Kelurahan Kalibata dengan ketinggian air 60 cm. Juga di Kelurahan Pela Mampang sebanyak dua RT dengan tinggi air 60 cm.

Dia mengatakan, banjir Jakarta di kelima RT tersebut disebabkan oleh curah hujan yang turun dengan intensitas rendah hingga tinggi.

Ada juga enam ruas jalan yang tergenang banjir. Salah satunya yang paling tinggi di Jalan Taman Kemang dengan ketinggian 40 cm.

Berikut rincian ruas jalan lainnya yang mengalami genangan air:

1. Jalan Taman Kemang, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan Ketinggian: 40 cm

2. Jalan Empang 3 Rt 01/01, Kelurahan Pejaten Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan Ketinggian: 30 cm

3. Jalan AUP Depan Bank BNI Pasar Minggu, Kelurahan Pasar Minggu, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan Ketinggian: 20 cm

4. Jalan Kemang Utara IX, Kelurahan Duren Tiga, Kecamatan Pancoran, Jakarta SelatanKetinggian: 40 cm

 

2 dari 2 halaman

Sedot Genangan Air

5. Jalan Pelita No.5, Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta TimurKetinggian: 20 cm

6. Jalan Perjuangan Ceger, Kelurahan Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta TimurKetinggian: 30 cm

Isnawa menerangkan, BPBD saat ini telah mengerahkan anggota ke lapangan untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah. Adapun upaya penanggulangan banjir juga telah dilakukan dengan bekerja sama dengan pihak terkait.

"Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat," ungkap Isnawa.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka

Video Terkini