Sukses

4 Fakta Kasus Narkoba Kembali Jerat Ibra Azhari untuk Keenam Kalinya

Sebagai informasi, hingga saat ini pria yang dikenal dengan Ibra Azhari tersebut telah enam kali terjerat kasus narkoba. Kali pertama pada tahun 2000, dimana dirinya divonis 2 tahun penjara.

Liputan6.com, Jakarta - Seakan tak pernah jera, aktor lawas tahun 1990-an, Ibrahim Azhari (IA) kembali terjerat kasus narkoba. Pria bernama asli Ibrahim Salahuddin tersebut diamankan jajaran Satres Narkoba Polres Jakbar, Rabu malam, 3 Januari 2024 kemarin di sebuah aparteman kawasan Tangerang.

Saat ditangkap, Ibra tak sendiri. Bersamanya, polisi turut mengamankan wanita berinisial NN.

"Yang bersangkutan kami amankan (Ibra Azhari) bersama seorang wanita berinisial NN. Wanita NN ini juga salah satu artis lawas era 90-an,” kata Kasatres Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Indrawienny Panjiyoga saat dikonfirmasi, Jumat (5/1/2024).

Selain itu, petugas juga berhasil mengumpulkan sejumlah barang bukti dari tangan saudara laki-laki dari artis Ayu Azhari, Sarah Azhari, dan Rahma Azhari tersebut. Yakni narkoba jenis sabu berikut alat pakainya.

Sebagai informasi, hingga saat ini pria yang dikenal dengan Ibra Azhari tersebut telah enam kali terjerat kasus narkoba. Kali pertama pada tahun 2000, dimana dirinya divonis 2 tahun penjara.

Tiga tahun berselang, pria yang tahun ini genap berusia 55 tahun tersebut kembali terciduk untuk kasus yang sama dengan kepemilikan 8,5 gram kokain, 16,7 gram sabu-sabu, dan 230 butir ekstasi. Atas perbuatannya tersebut Ibra harus jalani hukuman 15 tahun penjara.

Selanjutnya pada 2005, kemudian dinyatakan bisa kembali menghirup udara bebas pada 2009. Namun, selang satu tahun, Ibra kedapatan lagi memiliki sabu-sabu.

Tepatnya pada 22 Desember 2019, Ibra Azhari kembali ditangkap karena menggunakan sabu. Saat itu dia diciduk di kawasan di Pejaten, Jakarta Selatan.

Dan teranyar, di awal tahun 2024 ini, aktor lawas tersebut terciduk atas kasus yang sama. Berikut fakta kasus narkoba kembali menjerat Ibra Azhari yang dihimpun dari Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Ibra Azhari Ditangkap di Apartemen Kawasan Tangerang

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes M Syahduddi membenarkan pihaknya telah mengamankan seorang publik figur, pemain film layar lebar itu.

"Ya benar, kami telah mengamankan seorang publik figur berinisial IA pada Rabu malam," ujar Syahduddi saat dikonfirmasi, Jumat (5/1/2024).

Kasatres Narkoba Polres Metro Jakarta Barat Akbp Indrawienny Panjiyoga menjelaskan, IA berhasil diamankan bersama seorang wanita berinisial NN. NN juga merupakan artis lawas era 1990-an.

"Wanita NN ini juga salah satu artis lawas era 90-an. Mereka kami amankan di salah satu apartemen di kawasan Tangerang Selatan pada Rabu (3/1/2024) malam sekira pukul 20.30 WIB," ucapnya.

3 dari 5 halaman

2. Barang Bukti Narkoba yang Diamankan

Bersama keduanya, Satres Narkoba berhasil mengamankan narkoba jenis sabu berikut alat hisapnya. Namun, Indrawienny belum bisa merinci lebih detail terkait pengungkapan tersebut

"Masih kami dalami dan mohon waktu akan kami sampaikan secara detail terkait pengungkapan tersebut," jelas Akbp Indrawienny.

Sehingga, untuk perkembanganya masih dalam serangkaian pemeriksaan. Termasuk, treksit kronologis hingga barang bukti apa yang disita.

Diketahui, pada era 1990-an, Ibra Azhari bersinar di layar lebar Indonesia berkat film esek-esek.

Karier pria pemilik nama asli Ibrahim Salahuddin itu meroket bersama generasi artis panas papan atas Indonesia seperti, Sally Marcelina, Inneke Koesherawati, Malfin Shayna, Windy Chindyana, dan Reynaldi.

Selain film Bisikan Nafsu, kakak Sarah Azhari itu juga membintangi Permainan Binal, Bergairah di Puncak, Hukuman ZinahBebas Bercinta, dan Lampiasan Nafsu.

 

4 dari 5 halaman

3. Ibra Azhari dan Teman Wanitanya Positif Narkoba

Wakil Kepala Satuan Narkotika dan Obat-obatan Terlarang (Wakasat Narkoba) Kepolisian Resor Metro Jakarta Barat (Polres Jakarta Barat) Komisaris Polisi (Kompol) Retno Jordanus mengatakan Ibra Azhari ditangkap bersama seorang perempuan berinisial NN usai menggunakan sabu.

"(Ditangkap) setelah menggunakan sabu," ujar Jordan kepada wartawan di Mapolres Metro Jakarta Barat, Jumat (5/1/2024).

Berdasarkan hasil cek kesehatan dan tes urine yang dilakukan, keduanya dinyatakan positif narkoba.

"Barusan kami telah melaksanakan cek kesehatan dan cek urine. Bahwa hasil dari cek urine adalah positif metamfetamin dan amfetamin," kata Jordan.

Meski demikian, kata Jordan, keduanya belum ditetapkan sebagai tersangka karena masih dalam pemeriksaan. Sehingga untuk motif keduanya menggunakan narkoba akan dijelaskan setelah selesai pemeriksaan.

"Alasan IA dalam hal ini ia mungkin bertemu dengan kondisi yang mungkin ribet. Ada kondisi yang dia belum bisa ceritakan. Nanti akan kami dalami lagi," kata Jordan.

5 dari 5 halaman

4. 6 Kali Artis Ibra Azhari Terjerat Kasus Narkoba

Penangkapan ini merupakan kesekian kalinya Ibra Azhari terbelit kasus narkoba. Ibra pertama kali tertangkap pada 2000 dan divonis dua tahun penjara.

Dia kembali ditangkap pada 2003. Pada saat itu, Ibra tertangkap dengan barang bukti 8,5 gram kokain, 16,7 gram sabu-sabu, dan 230 butir ekstasi. Sampai akhirnya, dia divonis 15 tahun penjara dan menjalani hukuman di LP Cipinang, Jakarta Timur.

Kemudian, pada Agustus 2005, ketika menjalani hukuman di kamar 1 bilik 2A, kembali ditemukan 9 paket sabu-sabu dan sebuah alat hisap yang diduga milik Ibra.

Karena aksi itu, saudara kandung aktris kawakan Ayu Azhari, dinyatakan positif sabu-sabu. Dia pun dipindahkan ke Nusakambangan sampai pada 2009 dinyatakan bebas.

Selang satu tahun, pada 2010, dia kedapatan lagi memiliki sabu-sabu.

Seperti tidak kapok ditangkap berulang kali oleh polisi, Ibra Azhari pada 22 Desember 2019, aktor Ibra Azhari kembali tertangkap polisi karena menggunakan sabu-sabu. Dia diciduk oleh pihak berwajib di kediamannya di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan.

Adapun penangkapan ini bermula dari laporan masyarakat tentang adanya transaksi narkoba yang diduga dilakukan oleh Ibra. Sampai saat ini, terhitung Ibra Azhari telah enam kali terjerat kasus narkoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini