Sukses

PDIP: Tak Masalah Jokowi Tak Hadiri HUT ke-51 PDIP, Kita Hormati

PDIP menegaskan, pihaknya biasa saja dengan tidak hadirnya Jokowi pada HUT kali ini. Apalagi, Jokowi tengah melakukan kegiatan kenegaraan di luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak menghadiri Hari Ulang Tahun ke-51 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (HUT ke-51 PDIP). Namun, Politikus PDIP Chico Hakim mengatakan, partainya tidak masalah jika Jokowi tak menghadiri acara tersebut.

"Enggak masalah (Jokowi tidak datang) karena kita sampaikan tadi, kalau kita menghormati apa yang telah menjadi agenda Presiden Jokowi untuk bangsa dan negara ini. Dan itu yang lebih tinggi daripada segalanya," kata Chico kepada wartawan di Sekolah Partai di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2023).

Ia menegaskan, pihaknya biasa saja dengan tidak hadirnya Jokowi pada HUT kali ini. Apalagi, Jokowi tengah melakukan kegiatan kenegaraan di luar negeri.

"Kita biasa aja, karena gini, seperti diketahui PDI Perjuangan ini hari lahir yang ke 51. PDIP bukan lahir karena salah satu tokoh atau dua tokoh saja, apalagi tokoh yang baru bergabung sekian puluh tahun dan lain-lain," tegasnya.

"Jadi PDIP ini seperti dikatakan Seno tadi, bahwa kita ini membersamai rakyat, itu yang paling penting bagi kita bahwa rakyat merayakannya bersama kita dan kita tetap lanjut terus," sambungnya.

Untuk menggantikan Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri HUT ke-51 PDIP. 

Ma'ruf Amin yang mengenakan baju batik berwarna cokelat tua ini tiba di lokasi pukul 09.44 Wib. Ketika itu, ia disambut oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto serta Ketua DPP PDIP Yasonna Laoly.

Ma'ruf Amin pun diundang duduk di meja bundar bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Ada pula Teten Masduki yang mengenakan batik coklat kemerahan juga duduk satu meja bersama para elit PDIP. Mereka tampak berbincang sebelum acara dimulai.

HUT ke-51 PDIP digelar di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

"PDI Perjuangan memperingati HUT Partai ke-51 dengan sederhana, khidmat, dan dilaksanakan secara hybrid. Kesatupaduan dengan akar rumput menjadi ciri utama rangkaian HUT," kata Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, Rabu (10/1).

Rencananya, kegiatan akan berlangsung pada pukul 10.00 Wib. Kemudian, nantinya akan dilanjutkan dengan syukuran di sejumlah RT/RW secara serentak pada pukul 16.00 Wib.

"Kegiatan di akar rumput ini menegaskan bahwa persatuan dengan rakyat merupakan kekuatan inti partai, bukan elit," ujarnya.

"Pembukaan HUT dilakukan secara hybrid. Struktural Partai sebanyak 1.2 juta pengurus; 128 anggota DPR RI 418 DPRD, Provinsi 2874 DPRD Kab Kota 131, Kepala Daerah 124 wakil kepala daerah dan 32 ribu caleg. Solid bergerak untuk pemenangan Pemilu dengan cara berdikari akan dihadirkan," sambungnya.

Ia menjelaskan, dalam seluruh rangkaian HUT kali ini mengedepankan semangat Satyam Eva Jayate, kebenaran pasti menang.

"Dan semangat ini penting di dalam memenangkan PDI Perjuangan dan Ganjar-Mahfud," jelasnya.

"Kegiatan merawat pertiwi dengan penghijauan, gelora kebudayaan nusantara, dan konsolidasi di akar rumput akan menjadi ciri utama rangkaian HUT Partai," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gelar Perayaan HUT ke-51, PDIP Minta Maaf jika Ada Kemacetan di Lenteng Agung

PDIP menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat sekitar yang akan melintas di Jalan Raya Lenteng Agung. Pasalnya, acara HUT akan sedikit mengganggu arus lalu lintas.

"Kami juga akan meminta kebesaran hati dan mohon maaf kepada seluruh warga terutamanya di sekitar Lenteng Agung Jakarta Selatan, karena besok mungkin akan ada sedikit ramai dan padat," kata Kader Muda PDIP Aryo Seno Baskoro, di sekolah partai PDIP, Selasa (9/1/2024).

Dia berharap, bahwa keramaian dan kemeriahan yang terjadi di Sekolah Partai PDIP bisa juga dirasakan oleh masyarakat sekitar.

"Semoga keramaian itu akan semakin menggembirakan dan menggairahkan," sambung dia.

Lebih lanjut, Seno menambahkan jika peringatan HUT ke-51 PDIP ini diutamakan dengan bersama rakyat.

Sehingga, seluruh jajaran partai dan para calon legislatif di setiap daerah akan melaksanakan acara serentak di sekitar pukul 16.00 WIB dan 19.00 WIB bersama dengan rakyat.

"Acara juga menyesuaikan kondisi di daerah masing-masing di seluruh Indonesia yang lokasinya adalah di RT, RW, di depan pintu rumah warga masing masing," jelas Seno.

"Ada yang akan membuat acara bagi tumpeng, ada yang membuat acara kebudayaan yang intinya adalah untuk merayakan hari ulang tahun PDI Perjuangan," sambung dia.

3 dari 3 halaman

Tema HUT PDIP

Sebagai informasi, dalam peringatan HUT ke-51 Partai, PDIP mengusung tema ‘Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang’.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan alasan Sekolah Partai PDIP menjadi lokasi pembukaan rangkaian HUT ke-51 Partai.

Di mana, Sekolah Partai merupakan tempat untuk mendidik kader-kader partai yang punya moralitas dan etika politik.

Lebih lanjut, Hasto mengatakan bahwa peringatan HUT ke-51 PDIP akan dilaksanakan secara sederhana dan hanya dihadiri 51 undangan.

 

Reporter: Nur Habibie/Merdeka

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini