Sukses

Ganjar Ikut Lari Pagi "Penguin SeliweRun", Sukses Tempuh Jarak 7,7 Kilometer

Ganjar Pranowo mengikuti lari pagi bertajuk "Penguin SeliweRun" bersama Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Salahuddin Uno pada Minggu (14/1/2024) di Senayan Park, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengikuti lari pagi bertajuk "Penguin SeliweRun" bersama Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Salahuddin Uno pada Minggu (14/1/2024) di Senayan Park, Jakarta.

Ganjar menuturkan bahwa kegiatan lari pagi ini diajari oleh dua orang hebat, yakni sang istrinya sendiri, Siti Atikoh dan Sandiaga Uno.

"Hari ini saya lari ditemani Mas Sandi, larinya kencang banget, jadi saya cuma ngekor, istri saya karena dia lebih kencang, lalu diajari sama Mas Sandi bagaimana lari yang benar," tuturnya.

Capres berambut putih itu juga menyebut bahwa dirinya berhasil berlari menempuh jarak 7,7 kilometer hingga garis finish.

"Alhamdulillah 7,7 kilometer hingga finish dan saya senang karena ada partisipasi dari UMKM, ketahanan pangan dan hilirisasi dari petani-petani muda," sebut Ganjar.

Ia pun menyebut, dalam acara ini juga terdapat brand teh TGP dari Gede Pangrango yang memiliki nilai jual yang sangat mahal.

"Saya sudah pernah lihat kebunnya, sangat kreatif sampai cara menyajikannya. Nilai tambah dari mereka jualan teh itu keren banget," sebut Ganjar.

Dirinya mengungkapkan, ada pula anak-anak kreatif yang terus mencoba menggali bakat yang dimiliki melalui wirausaha.

"Sampai kemudian anak-anak kreatif yang mencoba menggali bakat anak-anak yang dimiliki, kemudian dimunculkan dan kemudian diletakkan pada dirinya entrepreneur. Maka ini menurut saya ini bagian dari cara nanti kita menciptakan lapangan kerja," ungkap Ganjar.

2 dari 3 halaman

Jawaban Ganjar Soal Makna Penguin

Terkait dengan nama Penguin SeliweRun, Ganjar menjelaskan bahwa dirinya tak mengetahui makna dari nama tersebut. Mantan Gubernur Jawa Tengah itu pun mengungkapkan bahwa nama itu muncul dari anak-anak yang kreatif.

"Oh enggak tahu, itu anak-anak yang kreatif aja. Karena waktu itu saya ditanyain orang, terus saya kasih hormat gambar penguin, tiba-tiba senang aja. Terus dia buat jersey, buat kelompok penguin, katanya ini ketua penguin gitu," jelasnya.

"Jadi saya mencoba untuk merasakan apa yang dimaui mereka, kadang-kadang yang kita harapkan berbeda, yang dia tangkap berbeda, dan ternyata dia bisa mengembangkan. Jadi saya follow mereka, gitu," imbuh Ganjar.

3 dari 3 halaman

Simbol Gerak Cepat

Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa kegiatan lari pagi ini menjadi simbol dari Capres-Cawapres nomor urut 3 dan tim yakni Gerak Cepat (Gercep). 

"Untuk menggerakkan ekonomi rakyat karena banyak UMKM juga, tapi lari ini adalah simbolisasi kita gercep, gerak cepat untuk sat set membangun Indonesia, berjuang untuk rakyat kecil. Pak Ganjar tadi banyak menyapa, masyarakat biasa, dan tentunya kita sama-sama ingin apa yang menjadi harapan masyarakat," ungkapnya.

"Harga-harga murah, kerja mudah dan hidup berkah, bisa tercapai. Banyak emak-emak juga di sini," jelas Sandi.

Selain itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu menegaskan bahwa melalui kegiatan ini, PPP solid dalam memberikan dukungan terhadap pasangan Ganjar-Mahfud.

"Solid solid, jadi sekaligus juga saya ingin menyatakan PPP dan kami sekeluarga, berada di belakang pak Ganjar dan pak Mahfud. Karena beliau memperjuangkan aspirasi masyarakat. Terutama untuk ekonomi rakyat kecil. Itu yang kami perjuangkan di PPP," tegasnya.

"Dan kami solid tinggal 30 hari lagi PPP hasilnya optimal bersama Pak Ganjar, sudah melewati 4% kita akan jaga momentum Insya Allah, jemput ridha Allah untuk memenangkan Ganjar-Mahfud," jelas Sandi.

 

(*)

Video Terkini