Sukses

PDIP Terbuka Berbicara dengan NasDem, Fokus dulu di Pemilu 2024

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengaku terbuka peluang untuk bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengaku terbuka peluang untuk bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Menanggapi hal itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menilai bahwa pertemuan antar pemimpin sangat baik meskipun memiliki pilihan politik yang berbeda.

Diketahui, PDIP pada Pilpres 2024 mengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Sementara, Partai NasDem mengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

"Ya prinsipnya dialog antarpemimpin sangat penting. Kita juga tahu bagaimana Pak Surya Paloh melalui Partai NasDem meskipun sudah punya pilihan politik yang berbeda tapi dialog memang penting," kata Hasto, saat diwawancarai di Teuku Umar, Jakarta, Selasa (23/1).

Lebih lanjut, dia mengatakan, pihaknya sangat ini tengah fokus untuk pemenangan Pemilu 2024, yang pada tingkatan Pilpres diprediksi akan terjadi dua putaran.

"Tetapi saat ini kami lebih fokus dulu pada upaya memenangkan Pileg, Pilpres yang menurut hasil survei itu kan akan terjadi dua putaran," ujar dia.

"Meskipun kami berusaha untuk turun ke bawah yang penting pemilu itu harus bebas dari intimidasi, yang betul-betul penilu yang bebas yang menempatkan rakyat secara berdaulat, maka inilah yang dilakukan. Tetapi pertemuan merupakan hal yang baik," sambung Hasto.

Saat ditanya, apakah terbukanya peluang Surya Paloh bertemu dengan Megawati menguatkan sinyal bergabungnya PDIP dan NasDem jika pilpres 2024 berjalan dua putaran, Hasto pun tak menjawab secara detail. Dia menyebut, jika pilpres dua putaran adalah rakyat yang menentukan.

"Sebenarnya dua putaran atau satu putaran rakyat yang menentukan, yang penting kami bekerja dengan sebaik-baiknya untuk rakyat dengan turun ke bawah dan memperkuat akar rumput, menyampaikan hal-hal positif tentang Pak Ganjar dan Prof Mahfud," ucapnya.

"Pak Ganjar sebagai pemimpin rakyat sebagai wong cilik, yang akan melanjutkan seluruh program-progran kerakyatan dari pemerintahan Jokowi, dan Pak Ganjar dengan blusukannya Pak Prabowo tidak bisa blusukan, itu yang akan dilakukan oleh seluruh jajaran partai Pengusung Pak Ganjar-Prof Mahfuf dan seluruh jajaran relawan," imbuh dia.

 

2 dari 3 halaman

Pernyataan Surya Paloh

Sebelumnya, Surya Paloh angkat bicara terkait desas-desus isu akan bertemu Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri.

"Kemungkinan ketemu itu bisa aja," ujarnya usai menghadiri kampanye perdana Partai NasDem di Lapangan Umum Masbagik, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (22/1/2024).

Surya Paloh mengaku hubungannya dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati baik-baik saja dan tidak ada masalah.

"Tidak ada masalah. Biasa aja," ucap Surya Paloh.

 

3 dari 3 halaman

Belum Tahu Kapan Dilakukan

Namun demikian, dirinya belum tahu kapan pertemuan keduanya bisa dilakukan.

Termasuk, apa saja yang akan dibicarakan jika pertemuan antar keduanya terjadi.

"Tapi ketemu-nya saya belum tahu ya," ujarnya.

 

 

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka.com

Video Terkini