Sukses

Duet Rizal Nurdin-Rudolf Pardede Memimpin Sumut

Setelah melalui pemilihan dua putaran akhirnya duet Teungku Rizal Nurdin dan Rudlf Pardede terpilih menjadi Gubernur Sumatra Utara untuk periode 2003-2008.

Liputan6.com, Medan: Pasangan Teungku Rizal Nurdin dan Rudolf M. Pardede, Senin (26/5), terpilih menjadi gubernur Sumatra Utara periode 2003-2008. Keduanya terpilih dalam Sidang Paripurna DPRD Sumut sekaligus menyisihkan dua pasangan calon lain [baca: Rizal Nurdin Lolos Putaran Pertama].

Pemilihan yang dijaga ketat 1.200 personel Polri dan TNI Angkatan Darat ini berlangsung dua putaran lantaran semua pasangan calon tak memiliki suara mayoritas. Dalam putaran pertama, Teungku Rizal Nurdin-Rudolf Pardede mengungguli lawannya dengan mengantongi 39 suara dari 85 anggota Dewan. Dalam putaran kedua, pemilihan berlangsung alot. Rizal Nurdin yang gubernur aktif dan juga anggota Partai Golkar serta Rudolf Pardede, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Sumut unggul dengan 51 suara.

Sementara pasangan Chaeruman Harahap yang menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut dan H.N. Serta Ginting, Wakil Ketua DPD Golkar Sumut, meraih 33 suara. Sisanya, satu suara abstein. Sedangkan pasangan mantan Sekretaris Daerah Sumut Amrun Daulay dan Bastami Ginting dari Partai Amanat Nasional tersisih di putaran pertama karena hanya meraih 19 suara. Berdasarkan hasil rapat Paripurna DPRD Sumut, pemilihan dinyatakan sah dan gubernur terpilih rencananya akan dilantik 16 Juni mendatang.

Sesaat setelah pasangan Rizal Nurdin-Rudolf Pardede terpilih, ratusan kader PDI-P di Kompleks Gedung Dewan menyambut gembira dan langsung menggelar konvoi keliling Kota Medan. Sekadar diketahui, pasangan Rizal Nurdin-Rudolf Pardede sebelumnya sudah mendapat restu Dewan Pimpinan Pusat PDI-P.(YYT/Chaerul Dharma dan Cuk Arbianto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.