Sukses

Diskominfo Kalsel Gelar Evaluasi SP4N LAPOR dan Sinergitas Digital Media Nasional

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan (Diskominfo Kalsel) menggelar evaluasi penggunaan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N LAPOR) dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan (Diskominfo Kalsel) menggelar evaluasi penggunaan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N LAPOR) dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik. Selain itu, sinergitas bersama media nasional dalam publikasi digital pun menjadi sorotan.

Kadis Kominfo Kalsel Muhamad Muslim menyampaikan, pintu pengaduan masyarakat terkait pelayanan mesti diperhatikan lebih jauh. Hal itu menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, khususnya pemerintah provinsi selaku kepanjangan tangan.

“Yang pertama yang kita bahas dengan kawan-kawan semua Diskominfo se-Kalsel itu adalah mengevaluasi terhadap lapor, SP4N LAPOR. Dan ini merupakan pintu pengaduan masyarakat yang direspon oleh pemerintah. Jadi kita mengevaluasi, baik ketepatan responnya, kemudian kecepatan terhadap kritik saran masyarakat,” tutur Muslim di Wisma Pemprov Kalsel, Jakarta Pusat, Rabu (6/3/2024).

Menurut Muslim, tiap kabupaten kota memiliki branding SP4N LAPOR masing-masing, salah satunya LAPOR! Paman yang menjadi nama dari aplikasi wilayah Kalsel. Diketahui, standar nasional dalam menuntaskan aduan pelayanan masyarakat adalah lima hari.

“Maksimal tiga hari respon harus sudah, meskipun nasionalnya standarnya lima hari. Kita menurunkan itu supaya lebih cepat. Tapi di beberapa kota misalnya Banjarmasin, Banjarbaru, itu mempunyai kecepatan yang lebih tinggi lagi. Nggak sampai satu hari sudah merespon,” jelas dia.

“Nah hasil evaluasi itu nanti di samping menjadikan upaya kita peningkatan sekaligus juga penghargaan terhadap teman-teman. Tentu dari gubernur kepada bupati, walikota, yang respon cepat terhadap pelayanan pengaduan publik,” sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gandeng Emtek Group

Kemudian, pihaknya juga membahas perihal kerjasama dengan media nasional dalam rangka meningkatkan publikasi hasil pelayanan masyarakat. Salah satu yang tengah digandeng adalah Emtek Group.

“Kita mengoptimalkan peran kemitraan dengan para media dalam konteks digital sekarang. Jadi upaya-upaya kita di dalam meningkatkan publikasi itu dengan memantapkan kerjasama dengan media, baik media nasional, lokal, terutama untuk mengangkat publikasi daerah, kinerja daerah, itu memang membutuhkan peran media yang bersifat nasional ya. Itu yang saat ini kita mantapkan juga,” ungkapnya.

Penggunaan aplikasi SP4N LAPOR pun saat ini tengah diupayakan untuk disederhanakan. Hal itu melihat kondisi masyarakat yang tidak semua melek teknologi.

“Harapannya dengan satu pintu, yang satu pintu itu akan kamar-kamarnya banyak. Nah itu yang saat ini kita benahi terus. Jadi berbagai pelayanan publik, kemudian kinerja pemerintah, sehingga itu bisa dilihat oleh masyarakat,” katanya.

“Semua pelayanan publik yang ada di sana apakah pelayanan dasar, apakah pelayanan wajib lain, itu masyarakat akan dapat mengakses mengeluhkan memberikan saran. Misalnya pelayanan publik yang sifatnya dasar rumah sakit, mereka bisa menyampaikan bagaimana antrean bagaimana sikap, bagaimana kinerja dari lara letugas kesehatan. Dan itu kan nanti direspon untuk diperbaiki oleh manajemen,” Muslim menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini