Sukses

Cuaca Besok Senin 11 Maret 2024: Jakarta Seharian Cerah dan Berawan

Cuaca besok Senin 11 Maret 2024, langit Jakarta pagi hari seluruhnya diprediksi berawan dan berawan tebal. Begitulah prediksi cuaca besok.

Liputan6.com, Jakarta - Cuaca besok Senin 11 Maret 2024, langit Jakarta pada pagi hari seluruhnya diprediksi berawan dan berawan tebal. Begitulah prediksi cuaca besok.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pada siang hingga malam hari, Jakarta juga diprakirakan seluruh wilayahnya bakal berawan dan cerah berawan.

Sedangkan untuk cuaca pagi di wilayah penyangga Jakarta, sebagian wilayah diprediksi bakal turun hujan dengan intensitas ringan, kecuali Bekasi yang dilaporkan bakal berawan tebal.

Kemudian pada siang hari, wilayah penyangga Jakarta yakni Bekasi, Depok dan Tangerang diprakirakan bakal cerah dan berawan tebal. Sementara Kota Bogor diprediksi bakal tetap turun hujan.

Sedangkan untuk malam hari, seluruh wilayah penyangga Jakarta diprakirakan berawan dan berawan tebal.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang yang dapat terjadi pada rentan waktu antara menjelang siang hingga menjelang malam hari hari di sebagian wilayah," terang BMKG.

Berikut informasi prakiraan cuaca Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG: 

 Kota  Pagi  Siang   Malam 
 Jakarta Barat  Berawan  Cerah Berawan  Berawan Tebal
 Jakarta Pusat   Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Jakarta Selatan   Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Jakarta Timur   Berawan Tebal  Cerah Berawan  Berawan
 Jakarta Utara   Berawan Tebal  Cerah Berawan  Berawan
 Kepulauan Seribu   Berawan  Berawan  Berawan
 Bekasi   Berawan Tebal  Cerah Berawan  Berawan
 Depok   Hujan Ringan  Berawan  Berawan Tebal
 Kota Bogor   Hujan Ringan  Hujan Ringan  Berawan
 Tangerang  Hujan Ringan  Berawan Tebal  Berawan Tebal
2 dari 3 halaman

BPBD DKI: Waspada Cuaca Ekstrem hingga 14 Maret 2024 di Jakarta

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem selama sepekan ke depan di wilayah DKI Jakarta.

"Waspada cuaca ekstrem pada 8-14 Maret 2024," tulis BPBD DKI Jakarta melalui akun Instagram resmi @bpbddkijakarta, dikutip Jumat 8 Maret 2024.

BPBD DKI Jakarta juga mengutip hasil analisis yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Jakarta diprediksi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang periode tersebut.

"Kondisi tersebut dipicu oleh aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) serta fenomena Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial yang aktif di wilayah Indonesia," jelasnya.

Selain itu, kondisi ini juga terjadi karena adanya peningkatan kecepatan angin dari utara Indonesia hingga melintasi equator melalui Selat Karimata yang mengindikasikan aktivitas Cross Equatorial Northerly Surge (CENS).

3 dari 3 halaman

Masyarakat Diimbau Waspada

Kemudian, ada potensi pembentukan pusat tekanan rendah di Samudra Hindia Barat Daya - selatan Jawa dan Australia bagian utara yang dapat memicu terbentuknya pola pumpunan dan perlambatan angin di Indonesia bagian selatan.

Oleh sebab itu, masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem. Masyarakat juga diminta untuk rutin memantai informasi banjir terkini melalui laman pantaubanjir.jakarta.go.id.

"Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112," ujarnya.