Sukses

Katedral Jakarta Gelar Ibadah Jumat Agung hingga Minggu Paskah Secara Hybrid, Ini Jadwalnya

Misa Malam Paskah, Sabtu 30 Maret 2024 di Gereja Katedral bakal digelar pada pukul 17.00 WIB dan pukul 21.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Umat Kristiani menjalani ibadah misa Tri Hari Suci jelang perayaan Paskah 2024. Tri Hari Suci atau tiga hari suci terdiri dari Misa Kamis Putih, Jumat Agung, dan Sabtu Suci.

Pada Jumat (29/3/2024), berlangsung Jumat Agung di Gereja Katedral Jakarta. Kemudian pada 30 Maret 2024 akan ada Malam Paskah dan Minggu Paskah pada 31 Maret 2024.

Ibadah Jumat Agung, Malam Paskah, dan Minggu Paskah di Katedral Jakarta dapat diikuti secara hybrid (online dan offline). Namun, bagi umat yang hendak mengikuti Misa secara langsung di Katedral diharuskan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Rinciannya, Misa Jumat Agung bakal berlangsung pada pukul 12.00 WIB, pukul 15.00 WIB, dan 18.00 WIB.

Sedangkan Misa Malam Paskah, Sabtu 30 Maret 2024 bakal digelar pada pukul 17.00 WIB dan pukul 21.00 WIB. Lalu, ada Minggu Paskah, Minggu 31 Maret 2024 pada pukul 06.00 WIB, 08.30 WIB, 11.00 WIB, dan 17.00 WIB.

"Misa Malam Paskah dan Misa Minggu Paskah (khusus Misa Pontifikal) membutuhkan pendaftaran untuk misa di dalam gereja," demikian keterangan resmi akun Instagram @katedraljakarta, dikutip Jumat (29/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perayaan Paskah di Katedral, Ini Aturan yang Harus Ditaati

Lebih lanjut, umat yang hendak hadir dalam rangkaian perayaan Paskah di Katedral diimbau menaati beberapa peraturan berikut :

1. Umat dilarang membawa tas berukuran besar

2. Umat yang hadir dihimbau untuk membawa payung

3. Pintu masuk Gereja bagi umat registrasi akan di buka 1,5 jam sebelum misa dimulai

4. Umat registrasi diharapkan datang maksimal 40 menit sebelum misa dimulai

5. Bagi umat registrasi yang telat datang, petugas berhak untuk memberikan kursi pada umat lain

3 dari 3 halaman

197 Personel Polri Siaga Amankan Rangkaian Ibadah Paskah di Gereja Katedral dan Immanuel

Polda Metro Jaya memberikan pengamanan kepada seluruh gereja yang ada di wilayah hukumnya yakni Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek) selama pelaksanaan rangkaian ibadah Hari Suci Paskah yang dimulai Kamis, 28 Maret hingga Minggu Paskah 31 Maret 2024.

"Polda Metro Jaya beserta seluruh jajaran siap mengamankan kegiatan-kegiatan masyarakat. Dalam waktu dekat akan ada perayaan Paskah," tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Sy Indradi kepada wartawan, Jumat (29/3/2024).

Menurutnya, pihaknya bekerja sama dengan semua stakeholder terkait agar situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama rangkaian Tri Hari Suci Paskah dapat kondusif.

"Bapak Kapolda Metro Jaya mengingatkan seluruh jajaran untuk tidak underestimate, untuk terus melakukan kegiatan kepolisian," jelas dia.

Ade Ary mengatakan, salah satu gereja yang mendapatkan pengawalan adalah Gereja Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Ratusan anggota pun disiagakan selama Tri Hari Suci Paskah.

Diketahui, Tri Hari Suci Paskah dimulai dengan Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, dan ditutup Minggu Paskah

"Gereja besar yang di Jakarta Pusat ada Katedral sama Immanuel, akan disiagakan 197 personel dari Polda dan Polres Jakarta Pusat. Masyarakat tidak perlu khawatir beraktivitas, petugas seluruh jajaran Polda Metro Jaya ada, siaga 24 jam. Kami siap melayani dan mengamankan kegiatan masyarakat," Ade Ary menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini