Sukses

Satlantas Polres Depok Imbau Masyarakat Tak Gunakan Motor Saat Mudik Jarak Jauh

Satlantas Polres Metro Depok menghimbau kepada pemudik untuk tidak memaksakan diri untuk perjalanan mudik jarak jauh menggunakan motor.

Liputan6.com, Jakarta - Satlantas Polres Metro Depok melakukan pengawasan terhadap pemudik yang melintas di Kota Depok. Satlantas Polres Metro Depok menghimbau pemudik tidak menggunakan sepeda motor dan muatan berlebihan, saat perjalanan mudik jarak jauh.

Kasat Lantas Polres Metro Depok, Kompol Multazam Lisendra mengatakan, Satlantas Polres Metro Depok membantu PJR Polda Metro Jaya pada pengawasan arus lalu lintas saat mudik lebaran. Adapun pengawasan yang dilakukan Satlantas Polres Metro Depok di lintas jalan tol maupun jalan nasional lainnya.

“Kalau untuk Depok, kita antisipasi bantu dari PJR Polda Metro Jaya untuk pembukaan exit tol Cibitung-Cimanggis yang baru dibuka fungsional,” ujar Multazam, Kamis (4/4/2024).

Multazam menjelaskan, Satlantas Polres Metro Depok mengantisipasi apabila terjadi crowded di dalam tol, akan dilakukan pengalihan. Selain itu, Polres Metro Depok akan membantu pengaturan lalu lintas kepada pemudik lokal di Depok.

“Kita antisipasi di tempat perbelanjaan, wisata air, wisata religi seperti masjid kubah emas dan Masjid At-Thohir, dan sejumlah titik rawan kemacetan,” jelas Multazam.

Satlantas Polres Metro Depok menghimbau kepada pemudik untuk tidak memaksakan diri untuk perjalanan mudik jarak jauh menggunakan motor. Pemudik umumnya menggunakan motor dengan merupakan kendaraan yang memiliki Cubic Centimeter (cc) rendah.

“Motor 150 CC ke bawah dirancang bukan untuk jarak jauh apalagi lebih dari 50 km,” ucap Multazam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Bawa Barang Berlebihan

Multazam mengungkapkan, pemudik yang menggunakan sepeda motor diharapkan tidak membawa keluarganya atau barang berlebihan. Hal itu dapat menimbulkan potensi terjadinya laka lantas maupun hal yang berdampak negatif bagi pemudik.

“Kami menghimbau untuk tidak memaksakan diri membawa keluarganya mudik menggunakan kendaraan bermotor apalagi overload,” ungkap Multazam.

Begitupun dengan kendaraan roda empat atau pribadi tidak membawa barang secara berlebihan. Satlantas Polres Metro Depok kerap menemukan sejumlah pemudik yang menggunakan mobil menempatkan barang bawaan di atas deck mobil.

“Kendaraan berpenumpang itu diciptakan bukan untuk membawa barang,” kata Multazam.

3 dari 3 halaman

Siapkan 8 Pos Pelayanan

Satlantas Polres Metro Depok mendirikan delapan pos penjagaan dan pos pelayanan masyarakat. Pos tersebut dapat dimanfaatkan para pemudik untuk beristirahat dalam perjalanan, menghilangkan lelah sejenak.

“Seperti pos di depan Terminal Jatijajar bisa dijadikan rest area sementara maupun pelayanan masyarakat,” tutur Multazam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.