Sukses

Pesan Kapolri ke Pemudik: Jaga Keselamatan Demi Cegah Kecelakaan

Listyo memeriksa fasilitas yang ada di pos terpadu dan pos pelayanan, serta memastikan adanya pemeriksaan tes urine dan pelayanan kesehatan bagi penumpang maupun sopir.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan kesiapan arus mudik Lebaran 2024 di Terminal Purabaya, Surabaya, Jawa Timur.

Listyo memeriksa fasilitas yang ada di pos terpadu dan pos pelayanan, serta memastikan adanya pemeriksaan tes urine dan pelayanan kesehatan bagi penumpang maupun sopir.

"Ada juga ruang pelayanan apabila ada keluhan dari masyarakat yang mungkin ada gangguan terkait kriminalitas," tutur Listyo di Terminal Purabaya, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (4/4/2024).

Secara umum, kata Listyo, pengecekan itu menjadi penting lantaran wilayah Jawa Timur menjadi salah satu tujuan utama mudik. Dia pun turut berpesan agar pemudik untuk menjaga keselamatan berkendara, baik menggunakan pribadi maupun angkutan umum.

"Dari hasil evaluasi 2023 angka kecelakaan lebih tinggi dibanding wilayah lain, sehingga kita ingatkan untuk betul-betul menjaga keselamatan para pemudik baik menggunakan pribadi maupun angkutan," jelas dia.

 

2 dari 3 halaman

Minta Petugas Pastikan Keamanan dan Keselamatan Pemudik

Tidak hanya kepada pemudik, dia juga meminta para petugas dan jajarannya untuk memastikan keamanan dan keselamatan wilayah-wilayah yang rawan kecelakaan.

"Diberikan sosialisasi, perhatikan rest area sehingga masyarakat yang capek bisa istirahat ataupun jangan buru-buru ingin cepat sampai menambah kecepatan dan akhirnya terjadi hal-hal yang tak diinginkan," katanya.

Listyo memerintahkan petugas sigap melakukan pengecekan ke para pengemudi yang membawa penumpang atau pemudik. Dia meminta pengemudi harus dalam keadaan sehat, prima dan tidak ada masalah yang terdampak pada saat mengemudikan kendaraannya.

"Ini mendekati hari H terus meningkat (pemudik). Kita minta seluruh petugas untuk terus memberikan pelayanan terbaik, sehingga layanan mudik 2024 bisa dilaksanakan dengan baik dan memberikan kenyamanan masyarakat khususnya melalui terminal di Jatim," Listyo menandaskan.

3 dari 3 halaman

Kapolri Ulas Strategi Mudik Lebaran Aman dan Nyaman

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2024 di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Hal itu dalam rangka memastikan kesiapan seluruh personel dalam mewujudkan mudik lebaran Idul Fitri 1445 H yang aman dan nyaman.

Menurut Listyo, pihaknya mengerahkan 155 ribu lebih personel gabungan TNI-Polri dan stakeholder lainnya.

"Terjadi pergerakan kurang lebih 199 juta orang, yang tentunya harus kita berikan pelayanan dengan baik. Apakah mereka lalui jalur darat, laut, udara," tutur Listyo di Monas, Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2024).

Listyo menegaskan, TNI-Polri bersama jajaran lintas sektoral berupaya maksimal dalam menyiapkan strategi mewujudkan mudik yang aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat. Salah satunya dengan melakukan evaluasi terhadap catatan arus mudik tahun 2023.

"Beberapa hal menjadi catatan kami, bahwa dari hasil evaluasi yang ada terkait kegiatan operasi ketupat 2023, ada beberapa catatan yang tentunya kita lakukan perbaikan untuk kegiatan operasi ketupat 2024," jelas dia.