Sukses

Dilantik Jokowi, Tonny Harjono Resmi Jabat KSAU

Tonny menggantikan Marsekal Fadjar Prasetyo yang akan pensiun pada 9 April 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Marsekal Madya Mohamad Tonny Harjono menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) di Istana Negara Jakarta, Jumat (5/4/2024). Tonny menggantikan Marsekal Fadjar Prasetyo yang akan pensiun pada 9 April 2024.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, pelantikan dimulai pada pukul 11.00 WIB. Pelantikan Tonny Harjono berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20 TNI tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Udara.

"Memberhentikan dengan hormat Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dari jabatannya sebagai Kepala Staf Angkatan Udara disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya yang telah disumbangkan kepada bangsa dan negara Republik Indonesia selama memangku jabatan tersebut," bunyi keppres tersebut dibacakan Sekretaris Militer Presiden.

"Mengangkat Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai Kepala Staf Angkatan Udara," demikian lanjutan bunyi keppres.

Jokowi lalu menyematkan tanda jabatan kepada Tonny. Selanjutnya, Jokowi membimbing Tonny Harjono membacakan sumpah dan jabatan sebagai Kepala Staf Angkatan Udara.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Tonny membaca sumpah jabatan.

Dia berjanji akan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Selain itu, Tonny juga berjanji akan menunjung tinggi sumpah prajurit.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," kata Tonny.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Naik Pangkat Jadi Marsekal

Bersamaan dengan pelantikan tersebut, Tonny mendapatkan kenaikan pangkat dari Marsekal Madya menjadi Marsekal terhitung sejak 5 April 2024. Kenaikan pangkat tersebut ditetapkan melalui Keppres Nomor 26 TNI Tahun 2024 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

"Menaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada perwira TNI atas nama Marsekal Madya TNI Tonny Harjono menjadi Marsekal TNI," demikian bunyi keputusan presiden.

Sebagai informasi, Marsekal Madya Tonny Harjono merupakan lulusan TNI AU tahun 1993. Sejak November 2023, dia menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II.

Tonny tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting selama karirnya di militer. Salah satunya, menjadi ajudan Presiden Jokowi pada tahun 2014 hingga 2016.

Kendati begitu, karir militernya dimulai menjadi Pa Pnb Skadud 3 Lanud Iswahyudi. Tonny juga pernah menjabat sebagai Danlanud Timika, Kadisops Lanud Sultan Hasanuddin, hingga Dan Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin sebelum diangkat menjadi Ajudan Jokowi.

Karir militernya semakin moncer setelah menjadi Ajudan Jokowi. Pada 2016-2018, Tonny menjadi Danlanud Adi Soemarmo. Selanjutnya, dia diangkat menjadi Danlanud Halim Perdanakusuma.

Jabatan lain yang pernah didudukinya antara lain, Staf Khusus KSAU, Sesmilpres Kemsetneg RI, Dankodiklatau, hingga Pangkoopsudnas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini