Sukses

Antisipasi Kemacetan Arus Mudik, Kapolri Imbau Masyarakat Tak Berlama-lama di Rest Area

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengimbau kepada pemudik agar tidak berlama-lama di rest area ruas jalan tol.

Liputan6.com, Jakarta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengimbau kepada pemudik agar tidak berlama-lama di rest area ruas jalan tol.

Imbauan ini disampaikan dia untuk menghindari kemacetan pada saat arus mudik lebaran 2024.

“Kita sarankan memang rest area kita batasi, enggak boleh lama setengah jam saja,” kata Listyo di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (6/4/2024).

Dia mengatakan, rest area diperuntukkan sebagai tempat istirahat bagi masyarakat pengguna jalan, khususnya pengguna tol.

Bila rest area yang dihampiri sudah penuh dan masyarakat ingin tetap beristirahat disarankan bisa keluar dan masuk jalur arteri.

“Karena di jalur arteri juga banyak tempat-tempat yang bisa menjadi pilihan untuk beristirahat sebentar, mungkin macam kuliner dan sebagainya,” ucap dia.

Lebih lanjut, Listyo mengatakan, petugas kepolisian nantinya juga akan memberikan tanda. Intinya, kepolisian mengatur arus lalu lintas keluar-masuk di rest area.

"Sementara untuk di rest area sendiri bagi yang sudah penuh, mobilnya akan diberikan tanda dan ada angkutan di depannya yang kemudian memberikan kesempatan untuk memberikan rest area ke tempat lain sambil kita atur kondisi keluar masuknya di dalam rest area sendiri," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Polri Siapkan Sistem Buka Tutup Di Rest Area

Sebelumnya, Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pengelola rest area untuk mengantisipasi kepadatan pemudik, salah satunya yang sempat diterapkan di rest area KM 57.

"Tadi sudah kita terapkan di 57 untuk pengaturan flow masuk kemudian pembatasan lamanya istirahat di rest area. Ini cukup efektif ya, jadi tidak sampai buka tutup di 57 tapi pada saat nanti mungkin sudah overload, sudah tidak ada tempat parkir lagi kita akan melakukan buka tutup rest area," kata Aan di KM 72 Cikampek, Jumat (5/4) malam.

Oleh sebabnya ia mengimbau kepada pemudik agar tidak terlalu lama beristirahat di rest area. Terlebih berisitirahat di bahu jalan tol, karena sangat membahayakan.

3 dari 3 halaman

Manfaatkan Rest Area Jalur Arteri

Bila di rest area tol penuh, pemudik dapat mengistirahatkan diri dengan memanfaatkan rest area jalur arteri yang telah disiapkan. Nantinya masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas yang ada selama disana.

"Banyak juga tempat makan kuliner di sana silakan untuk istirahat di luar jalan tol. Silakan setelah dipress masuk lagi, tidak ada penambahan tarif artinya tarifnya sama, keluar masuk sama dan malah dapat diskon nanti pada saat kembali ya," tutup Aan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini