Sukses

KA Fajar Utama Anjlok Lagi

Kali ini, KA jurusan Yogyakarta-Jakarta itu anjlok di daerah Sentolo, Yogyakarta, pagi tadi. Kerusakan baru bisa diperbaiki sekitar tiga jam setelah kejadian.

Liputan6.com, Yogyakarta: Hanya berselang dua hari setelah Kereta Api Fajar Utama anjlok di Indramayu, Jawa Barat, kereta dari perusahaan yang sama, kembali terpental dari jalurnya. Kali ini, Fajar Utama anjlok di daerah Sentolo, Yogyakarta, Senin (2/6) sekitar pukul 07.00 WIB. Kejadian berawal saat baut anting pada bagian rem gerbong nomor satu KA jurusan Yogyakarta-Jakarta itu terlepas. Akibatnya, sepasang roda bagian depan terangkat dan akhirnya gerbong terpental.

Pihak Stasiun Wates, Kulonprogo, Yogyakarta mengaku memeriksa kedelapan gerbong Fajar Utama, sebelum berangkat. Namun, petugas stasiun tak mengetahui baut anting rem kendor. Pasalnya, letak baut itu tersembunyi sehingga tak terlihat dari luar. Kerusakan KA baru bisa diperbaiki sekitar tiga jam setelah kejadian. Kendati akhirnya Fajar Utama bisa diberangkatkan kembali, satu gerbong terpaksa ditinggal di Stasiun Sentolo. Akibat musibah ini, perjalanan KA terlambat hingga tiga jam 30 menit.

Seperti diberitakan, Jumat pekan silam, KA Fajar Utama Ekspres tujuan Semarang, Jawa Tengah, anjlok di Stasiun Kedokan Gabus, Desa Kedokan Gabus, Gabus Wetan, Indramayu. Insiden itu menghambat semua perjalan kereta, baik menuju Jakarta maupun dari arah sebaliknya [baca: Kereta Fajar Utama Ekspres Anjlok di Indramayu].(ZAQ/Wiwiek Susilo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.