Sukses

Cegah Penumpukan Kendaraan, Polisi Imbau Pemudik Atur Jadwal Kepulangan Arus Balik

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengimbau para pemudik untuk mengatur waktu perjalanan kembali ke Jakarta dan sekitarnya.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengimbau para pemudik untuk mengatur waktu perjalanan kembali ke Jakarta dan sekitarnya.

Latif kemudian mengungkit pergerakan kendaraan pada saat arus mudik lebaran 2024. Tercatat, ada sekitar 1,035.000 juta sekian kendaraan yang keluar dari wilayah Jabodetabek.

"Kita sudah mempersiapkan untuk arus balik, karena kita telah meminta data sebanyak 1 juta kendaraan yaang akan masuk ke Jakarta dalam waktu tanggal, 13 April, 14 April, 15 April, 16 April. Mudah-mudahan 4 hari ini dibagi gitu," kata Latif kepada wartawan, Rabu (10/4/2024).

"Kalaupun 1 hari itu 250 ribu, itupun sudah cukup tinggi. Oleh sebab itu saya mengharapkan masyarakat yang kembali ke jakarta mempersiapkan. betul siap kondisi badannya dan siap operasional di jalan, jangan sampai kehabisan bensin, dan kendaraannya tidak siap," dia menambahkan.

Latif menyampaikan, pihaknya akan mengantisipasi penumpukan kendaraan pada saat arus balik. Setidaknya ada tiga titik krusial yang harus mendapat perhatian khusus di antaranya Simpang Susun Cikunir yang menuju ke Pondok Indah maupun Tanjung Priok dan menuju ke Halim.

"Nah tiga tempat ini adalah tempat krusial buat titik masuknya Jakarta yang kita perhatikan betul-betul," ucap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masyarakat Diimbau Manfaatkan Tol Fungsional

Latif mengatakan, masyarakat yang pulang ke arah Bogor, Depok, Cibubur diimbau tak melewati ke Cikunir.

"Karena ada waktu tempuh jarak tempuh yang signifikan," ucap dia.

Latif mengatakan, masyarakat sebaiknya memanfaatkan tol fungsional yaitu tol dari Cibitung menuju ke Cimanggis.

Nah tapi kita sudah mempunyai tol Fungsional, tol dari cibitung menuju ke Cimanggis.

"Ini akan dibuka seperti kemarin, bagi yang mudik itu sekitar 4 ribu yang sudah melewati jalur tersebut. Nah tol fungsional khususnya dari Cibitung sampai Cimanggis dibuka dari jam 6 pagi sampai jam 17 saja. jadi yang siang hari pulang bisa memanfaatkan itu," ucap dia.

 

3 dari 3 halaman

Tak Paksa Gunakan Jalur Tengah

Begitu juga, lanjut Latif yang akan mengarah ke Jakarta Barat dan Tangerang. Pemudik diimbau tidak memaksakan lewat jalur tengah yaitu lewat Halim pasti akan terjadi antrean.

"Silahkan untuk tidak memaksakan harus masuk dalam kota tapi lewat Cibitung langsung dengan semper yaitu Tanjung Priok akan lebih mudah, sehingga tidak akan terjadi penumpukan," ucap dia.

Latif menekankan kepada jajaran untuk mempersiapkan betul jalur-jalur kepulangan pemudik sehingga arus balik menuju ke Jakarta tidak terjadi penumpukan.

"Kita akan pecah dari awal sehingga masuk ke Jakarta juga akan terpecah dan akan lebih nyaman," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.