Sukses

Airlangga Siap Lanjut Pimpin Partai Golkar Periode 2024-2029

Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto mengaku siap jika terpilih kembali untuk menjadi ketua umum Partai Golkar periode 2024-2029 dalam Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar. Adapun Munas Partai Golkar rencananya bakal digelar Desember 2024.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto mengaku siap jika terpilih kembali untuk menjadi ketua umum Partai Golkar periode 2024-2029 dalam Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar. Adapun Munas Partai Golkar rencananya bakal digelar Desember 2024.

"Insyaallah (siap)," kata Airlangga usai hadir dalam deklarasi dukungan dan pernyataan sikap dari DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) di Double Tree By Hilton, Makara Ballroom, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2024).

Airlangga juga meyakini putusan Munas Partai Golkar bakal merujuk secara aklamasi ke namanya. Terlebih, belakangan dukungan terhadapnya untuk kembali duduk sebagai ketua umum Partai Golkar muncul satu persatu dari berbagai organisasi masyarakat (ormas).

"Insyaallah (aklamasi)," kata Airlangga Hartarto.

Diketahui, Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) mendeklarasikan dukungan kepada Airlangga Hartanto untuk kembali menjabat sebagai ketua umum Partai Golkar dalam Munas Partai Golkar 2024.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP AMPI, Ahmad Andi Bahri, menyatakan dukungan diberikan ke Airlangga Hartanto atas prestasi cemerlangnya saat memimpin Partai Golkar periode 2017-2024.

"Terbukti di bawah kepemimpinan Bapak Airlangga Hartarto telah membawa Partai Golkar rebound twin," kata Ahmad dalam pidatonya di Hotel DoubleTree, Jakarta pada Selasa (16/4/2024).

"Berhasil memenangkan pemilihan presiden sebanyak dua kali berturut-turut, memenangkan pilkada sebanyak 61,11 persen di pilkada 2019, meningkatkan suara partai pada pileg 2024 hingga mencapai 15,28 persen yang diperkirakan akan mencapai 102 kursi atau lebih di parlemen periode 2024-2029," tambahnya.

Dia juga menyorot perhatian Airlangga terhadap anak muda. Menurutnya, hal itu dibuktikan oleh Airlangga saat mendelegasikan sejumlah kader AMPI dalam pemilihan legislatif (pileg) 2024.

"Terbukti AMPI mendelegasikan sebanyak 213 kadernya di pileg 2024 ini baik di tingkat kota, kabupaten, provinsi hingga DPD," tegas Ahmad.

AMPI beranggapan bahwa Partai Golkar perlu dipimpin oleh seorang yang kuat. Sebab, kata Ahmad, tantangan ke depan tidak akan mudah.

"Perjuangan ke depan perlu nakhoda yang kuat seperti pilkada 2024 dan mengawal pemerintahan pasangan Prabowo-Gibran yang berhasil Partai Golkar menangkan pada periode ke depan," jelas Ahmad.

AMPI secara resmi mendeklarasikan dukungan ke Airlangga sebagai ketua umum Partai Golkar dalam Munas Partai Golkar 2024.

"Mengingat dan mempertimbangkan hal tersebut, maka kami, AMPI dengan ini secara resmi mendeklarasikan dukungan kepada Bapak Airlangga Hartarto dalam Munas Partai Golkar tahun 2024 sebagai ketua umum Partai Golkar periode 2024-2029," kata Ahmad.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengurus dan Kader Ingin Airlangga Kembali Memimpin Golkar

Sebelumnya, politikus Partai Golkar sekaligus Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, mengatakan Airlangga Hartarto berpotensi terpilih kembali menjadi ketua umum Partai Golkar aklamasi. Menurut dia, ketua DPD Partai Golkar dan kader ingin Airlangga kembali menjabat sebagai ketua umum periode 2024-2029.

"Ya potensi (aklamasi) ada, tapi tetap Golkar itu partai yang terbuka. Semua proses demokrasi bisa dilakukan, tapi ya sementara kita lihat gimana semangat daerah, kepala daerah-daerah dan voters ini tampaknya mengerucut ingin Bapak Airlangga kembali," kata Dito di Kantor Staf Kepresidenan Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Dia meyakini pengurus Partai Golkar kompak menginginkan Airlangga kembali memimpin partai berlambang pohon beringin itu. Hal ini dibuktikkan dengan sikap para pengurus DPD Partai Golkar se-Indonesia yang menyampaikan dukungan secara tertulis agar Airlangga tetap menjadi ketua umum.

"Internal percakapan kemarin kan sudah bertemu daerah dan daerah sih sangat apresiasi dengan Bapak Airlangga. Dan kemarin semua daerah di Bali kan ada pertemuan itu menginginkan kembali agar pada munas Desember itu untuk kembali maju ya sebagai ketum Partai Golkar," jelasnya.

"Sudah disampaikan (ke Airlangga Hartarto). Itu kan aspirasi daerah yang enggak bisa kita bendung," sambung Dito.

Terkait Menteri Investasi Bahlil Lahadalia yang diisukan masuk bursa ketua umum, Dito menyampaikan, Golkar merupakan partai yang mengedepankan demokrasi dan bersifat terbuka. Namun, Dito mengingatkan bahwa para kader di daerah kompak mendukung Airlangga menjadi ketua umum Partai Golkar.

"Semua masih bisa ada peluang. Namun, harus mungkin harus dilihat realitas di lapangan gimana keinginan voters dan daerah. Yang penting gimana Golkar tetap kompak, guyub dan bersama untuk negeri dan partai," tutur Dito.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.