Sukses

Pembangunan Jalan Rusak di Tahun 2024, Jokowi Siapkan Dana Sebanyak Ini

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyiapkan anggaran Rp15 triliun untuk pembangunan dan perbaikan jalan rusak pada tahun 2024.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyiapkan anggaran Rp15 triliun untuk pembangunan dan perbaikan jalan rusak pada tahun 2024.

Dia mengatakan pembangunan infrastruktur jalan dilakukan untu efisiensi transportasi dan distribusi logistik sehingga dapat menumbuhkan ekonomi di daerah.

"Memang masih ada beberapa ruas jalan yang masih belum baik, akan dilanjutkan tahun ini karena secara nasional kalau tahun lalu ada Rp14,6 triliun, tahun ini kita juga ada untuk perbaikan dan pembangunan jalan itu Rp15 triliun," ungkap Jokowi saat meresmikan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah di Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara, Senin (13/5/2024).

Dia mengungkapkan pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan daerah merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk mempercepat mobilitas orang maupun logistik.

Selain itu, kata Jokowi, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Kita harapkan semua jalan akan baik sehingga mobilitas orang, mobilitas logistik, semuanya menjadi bagus dan efisien," ujarnya.

Menurut dia, pemerintah telah membangun dan memperbaiki 22 ruas jalan di Provinsi Sulawesi Tenggara pada tahun 2023. Adapun total anggaran yang digelontorkan pemerintah mencapai Rp631 miliar.

"Termasuk dua ruas jalan di Kabupaten Muna Barat yang menghabiskan biaya Rp42,4 miliar," jelas Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hari Kedua di Sultra, Jokowi akan Cek Fasilitas RSUD hingga Resmikan Jalan

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan sejumlah kegiatan pada hari kedua kunjungan kerjanya di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (13/5/2024). Dia diagendakan mengecek fasilitas di rumah sakit, mengunjungi pasar, hingga meresmikan jalan daerah.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi lepas landas dari Pangkalan TNI AU Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan menuju Kabupaten Muna dengan helikopter Super Puma TNI AU pada pukul 08.35 WITA.

Setibanya di helipad Alun-Alun Raha, Kabupaten Muna, Jokowi akan langsung menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H.L.M. Baharuddin, M.Kes., untuk melakukan peninjauan fasilitas dan pelayanan kesehatan.

Setelah itu, dia akan menuju Pasar Sentral Laino Raha, Kabupaten Muna untuk mengecek harga bahan pokok dan menyerahkan bantuan bagi para pedagang.

Kemudian, Jokowi dijadwalkan untuk mengecek persediaan beras dan menyerahkan bantuan pangan bagi masyarakat di Kompleks Pergudangan Laende, Kabupaten Muna.

3 dari 3 halaman

Kunjungi Pasar Rakyat

Siang harinya, Jokowi akan melanjutkan kegiatan di Kabupaten Muna Barat. Dia direncanakan mengunjungi Pasar Rakyat Kambara, Kabupaten Muna Barat sebelum kemudian meresmikan pelaksanaan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Usai menlakukan semua kegiatan, Presiden Jokowi akan menuju Bandar Udara Sugimanuru, Kabupaten Muna Barat untuk kemudian lepas landas kembali ke Pangkalan TNI Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan dengan helikopter Super Puma TNI AU.

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini