Sukses

Istana Beri Bantuan ke Warga Muna yang Tertimpa Ranting Pohon karena Heli Jokowi

Sejumlah warga menjadi korban karena tertimpa ranting pohon saat helikopter Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendarat di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

Liputan6.com, Jakarta - Pihak Istana membenarkan soal adanya warga yang menjadi korban karena tertimpa ranting pohon saat helikopter Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendarat di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Mereka telah dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapat perawatan.

"Korban terkena dahan pohon yang tumbang pada saat heli superpuma mendarat di helipad alun-alun Raha, Kabupaten Muna serta ada yang karena berdesak-desakan," kata Plt Deputi Biro Pers Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana kepada wartawan, Rabu (15/5/2024).

Menurut dia, Sekretariat Presiden memberikan antensi, menanggung perawatan, dan memberikan bantuan kepada para korban. Selain itu, Istana juga memberikan bantuan 3 paket sembako untuk masing-masing korban.

"Sekretariat Presiden memberikan atensi dan perawatan serta bantuan kepada para korban baik masyarakat maupun petugas pengamanan Satpol PP," jelas dia.

"Termasuk juga masing-masing mendapatkan 3 paket sembako. Sampai saat ini, kami terus memantau perkembangan saudara-saudara kita tersebut," sambung dia.

Identitas korban pertama yakni, Rezky Indah Permatasari berusia 32 tahun. Dia tertimpa dahan pohon mengalami luka robek di kepala. Saat ini, korban dirawat di ruang Resusitasi IGD RSUD dr. Baharudin Kabulaten Muna.

Korban kedua bernama Kheisya berusia 15 tahun. Kheisya pingsan di depan SMP 1 Raha saat menyambut Jokowi. Dia mempunyai riwayat sesak napas dan masih observasi dokter jaga IGD.

Dokter merekomendasikan untuk rawat jalan. Korban mengalami sesak napas karena berdesak desakan ingin menyambut Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Korban Sesak Napas

Korban ketiga bernama Salsabila (14). Dia pingsan sesak napas saat berdesakkan di Bulog Kabupaten Muna. Saat ini, korban masih observasi di IGD karena masih merasakan pusing.

Dia direkomendasikan rawat jalan. Korban mengalami sesak napas pada saat berdesak-desakkan dalam rangka menyambut kedatangan Jokowi.

Korban keempat bernama Mahdiah Safitri (21) yang merupakan Satpol PP Kabupaten Muna. Korban mengalami sesak napas saat pengamanan di Pasar Launa.

Direkomendasikan dokter untuk rawat jalan. Korban mengalami sesak napas karena berdesak-desakkan dalam rangka mengamankan kunjungan kerja Jokowi di pasar Laeno, Kabupaten Muna.

Berikut bantuan yang diberikan Istana:

1. Ibu Resky Rp10 juta ( luka berat)

2. Khesya Rp5 juta ( sesak napas)

3. Salsabila Rp5 juta ( sesak napas )

4. Madiyyah Rp5 juta ( cidera ringan )

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.