Sukses

Presiden Jokowi Ungkap Alasan Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan Dumai, Riau

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasan memilih Lapangan Garuda Pertamina di Hulu Roka, Dumai, Riau menjadi lokasi pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pada hari ini, Sabtu (1/6/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasan memilih Lapangan Garuda Pertamina di Hulu Roka, Dumai, Riau menjadi lokasi pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pada hari ini, Sabtu (1/6/2024).

Presiden Jokowi menjelaskan, hal tersebut untuk memberikan simbol kemandirian bangsa Indonesia dalam segi ekonomi.

"Kita juga harus aktif mengambil alih kembali aset-aset strategis bangsa. Kita kelola dan manfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat, kesejahteraan masyarakat," kata Presiden Jokowi saat memberikan amanat upacara melalui daring, Sabtu (1/6/2024).

Salah satunya, kata dia, upaya untuk mengelola sepenuhnya Blok Rokan, Dumai, Riau. Sehingga, upacara pada peringatan Hari Lahir Pancasila dipilih di Dumai.

"Salah satunya adalah Blok Rokan di Riau ini, tempat yang kita pakai untuk upacara peringatan hari lahir Pancasila," ucap Jokowi.

Dia menyampaikan, setelah saham mayoritas PT Freeport Indonesia berhasil diambil alih, Blok Rokan juga menjadi salah satu aset yang diambil kembali sahamnya.

Apalagi, kata Jokowi, Blok Rokan menjadi Blok Migas paling produktif dalam sejarah perminyakan. Oleh karena itu, bangsa Indonesia mampu memperlihatkan kemandirian ekonomi tanpa bergantung dengan pihak asing.

"Setelah saham mayoritas Freeport kita ambil alih, kemudian kita ambil alih Blok Rokan ini di Dumai yang merupakan blok Migas paling produktif dalam sejarah perminyakan Indonesia, yang sudah dikelola perusahaan asing Caltex dan Chevron selama 97 tahun," beber dia.

"Kita harapkan kehadiran Pancasila sebagai pembebas dari ketergantungan kita pada pihak asing," tandas Jokowi.

 

Reporter: Alma Fikhasari (Merdeka.com)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan Riau

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda Kompleks Pertamina Hulu Rokan (PHR), Riau, Sabtu (1/6/2024). Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di lokasi, Jokowi tiba di lokasi upacara pada pukul 07.15 WIB. Dia tampak mengenakan baju adat dari salah satu daerah di Indonesia.

Adapun yang bertindak sebagai Komandan Upacara yakni, Kombes Pol Ananta Yudhistira. Saat ini, dia bertugas sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jambi. Kemudian, Brigjen TNI Refrizal bertugas sebagai Perwira Upacara. Dia saat ini menjabat Kepala Staf Kodam (Kasdam) 1 Bukit Barisan.

Bertindak sebagai pembaca teks Pancasila adalah Ketua MPR Bambang Soesatyo. Sementara itu, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti bertindak membacakan naskah UUD 1945, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) bertugas membaca doa.

Selain Presiden, hadir pula Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Kemudian, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, hingga Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian. Sementara itu, Wakil Presiden ke-6 RI tampak mengikuti upacara secara virtual.

 

3 dari 4 halaman

Jokowi Pamer Produksi Minyak Blok Rokan, Lebih Tinggi Setelah Dikelola Pertamina

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan produksi minyak di Blok Rokan, Dumai, Riau yang kini dikelola PT Pertamina mencapai 162.000 barel per hari.

Menurut dia, angka tersebut lebih tinggi dibandingkan saat Blok Rokan masih dikelola perusahaan asing, Caltex dan Chevron.

"Pagi tadi saya mendapatkan laporan dari Dirut Pertamina bahwa produksi di Blok Rokan sudah mencapai 162.000 barel per hari. Ini lebih tinggi dari saat dikelola oleh Caltex maupun Chevron," kata Jokowi saat menjadi Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda Kompleks Pertamina Hulu Rokan, Riau, Sabtu (1/6/2024).

Dia menuturkan Blok Rokan menyumbang 25 persen dari seluruh produksi nasional Indonesia. Jokowi menyebut Blok Rokan merupakan blok migas paling produktif sepanjang sejarah perminyakan Indonesia.

"Blok Rokan ini di Dumai yang merupakan blok Migas paling produktif dalam sejarah perminyakan Indonesia, yang sudah dikelola perusahaan asing Caltex dan Chevron selama 97 tahun," ujarnya.

Jokowi menyampaikan keberhasilan pemerintah dalam mengambil alih mayoritas saham PT Freeport dan Blok Rokan yang selama ini dikelola pihak asing, merupakan upaya untuk mewujudkan kedaulatan politik serta kemandirian ekonomi.

Hal ini juga bentuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan membangun ekonomi yang berpihak pada kepentingan nasional.

"Kita terus perjuangkan kemandirian ekonomi, termasuk melalui industrialisasi di dalam negeri dan melalui hilirisasi di berbagai sektor," ujarnya.

Jokowi menekankan pemerintah harus aktif mengambil alih kembali aset-aset strategis bangsa. Menurut dia, aset-aset tersebut harus dikelola dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat.

"Kita harapkan kehadiran Pancasila sebagai pembebas dari ketergantungan kita pada pihak asing," tutur Jokowi.

 

4 dari 4 halaman

Jokowi: Indonesia Kecam Keras Serangan Israel ke Rafah

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengecam keras serangan Israel ke Kota Rafah, Gaza Selatan, Palestina. Serangan Israel ini menewaskan puluhan warga, termasuk anak-anak.

"Meskipun sudah berkali-kali saya sampaikan, tapi saya ingin mengulang lagi bahwa Indonesia mengecam keras serangan Israel ke Rafah," kata Jokowi di Kota Dumai, Riau, Sabtu (1/6/2024).

Dia meminta Israel untuk menataati perintah dari Mahkamah Internasional. Termasuk, menghentikan serangan ke Kota Rafah, Gaza, Palestina.

"Dan Israel mestinya memiliki kewajiban untuk mentaati mahkamah internasional, termasuk penghentian serangan ke Palestina," jelasnya.

Sebelumnya, para hakim di pengadilan tinggi PBB atau International Court of Justice (ICJ) memerintahkan Israel untuk menghentikan serangannya di kota Rafah, Gaza selatan.

ICJ juga memerintahkan Israel menarik diri dari daerah tersebut. Putusan ini juga terkait dengan tuntutan yang diajukan oleh Afrika Selatan.

Afsel menyebut Israel melakukan genosida, dengan alasan risiko besar terhadap penduduk Palestina.

Keputusan pada Jumat (24/5/2024) ini menandai ketiga kalinya tahun ini panel beranggotakan 15 hakim itu mengeluarkan perintah awal yang berupaya mengendalikan jumlah korban tewas dan meringankan penderitaan kemanusiaan di Gaza.

Meskipun perintah tersebut mengikat secara hukum, pengadilan tidak memiliki polisi untuk menegakkannya, dikutip dari laman Al Jazeera, Jumat 24 Mei 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.