Sukses

Aksi Bela Palestina di Patung Kuda Berakhir, Massa Bubar dengan Tertib

Panitia mengatakan, aksi ini tidak berhenti dan terus digelorakan sampai Palestina mendapatkan kemerdekaan.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi unjuk rasa bertajuk bela Palestina berakhir pada Minggu petang (9/6/2024). Peserta unjuk rasa yang mengatasnamakan Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina membubarkan diri dengan tertib dari Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat.

Pantauan di lapangan, sejumlah tokoh seperti Din Syamsuddin dan Hidayat Nur Wahid membacakan pernyataan sikap atas kekejaman Israel terhadap rakyat Palestina khususnya Gaza.

Mereka kemudian turun dari atas panggung diiringi sholawat nabi. Sementara itu, peserta aksi terus mengibar-ngibarkan bendera Palestina.

Usai tokoh meninggalkan panggung, panitia acara memberikan imbauan kepada massa aksi untuk kembali kediamannya dengan tertib. Massa aksi juga diminta tak membiarkan sampah-sampah berserakan.

"Kita pulang dengan tertib, tolong dilihat juga sampah-sampah jangan ditinggalkan," imbau panitia.

Panitia mengatakan, aksi ini tidak berhenti dan terus digelorakan sampai Palestina mendapatkan kemerdekaan.

"Besok siap turun ke jalan? Siap berikan dukungan kepada saudara-saudara kita di Palestina, takbir!," ujar panita disambut gema takbir.

Massa aksi bela Palestina mulai meninggalkan Patung Kuda Arjuna Wiwaha Jakarta Pusat. Sementara itu, petugas PPSU juga mulai membersihkan sisa-sisa sampah yang tertinggal.

Arus lalu lintas di sekitar kawasan Patung Kuda berangsur-angsur normal. Petugas Dinas Perhubungan bersama kepolisian mulai memindahkan barier beton yang memalangi jalan di depan Gedung Sapta Pesona.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ribuan Massa Gelar Aksi Bela Palestina di Patung Kuda, Berhasil Kumpulkan Donasi Rp46 Juta

Ribuan orang menggelar Aksi Bela Palestina di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat pada Minggu (9/6/2024).

Pantauan Liputan6.com di lapangan, peserta aksi unjuk rasa tumpah ruah menutup jalanan di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat. Tak sedikit, dari mereka datang bersama anak dan istri.

Terlihat, beberapa peserta unjuk rasa mengenakan baju koko dan sorban dengan warna bendera Palestina. Mereka juga dengan penuh semangat mengibar-ngibarkan bendera Palestina. Ada pula yang membentangkan poster bertulisan dukungan terhadap Palestina.

Sebuah panggung besar di kawasan Silang Monas. Dari atas panggung, panitia menyampaikan orasi sambil memberikan instruksi kepada peserta Aksi Bela Palestina.

Selain menyampaikan aspirasi, panitia juga menggalang donasi. Hingga pukul 16.08 WIB berhasil menghimpun dana Rp46 juta.

"Update donasi sementara terkumpul, Rp46 juta," ujar panitia dari atas panggung, Minggu (9/6/2024).

 

3 dari 3 halaman

1.597 Personel Polisi Amankan Aksi Bela Palestina

Sebelumnya, Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina (ARIBP) akan menggelar aksi unjuk rasa di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat pada Minggu (9/6/2024). Polisi mengerahkan 1.597 personel untuk untuk mengawal aksi tersebut.

"Personel yang dikerahkan berjumlah 1.597 personel," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro dalam keterangan tertulis, Minggu (9/6/2024).

Susatyo mengatakan, aksi bela Palestina rencananya berlangsung pada pukul 15.00 WIB. Terkait hal ini, polisi juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan Medan Merdeka. Namun, sifatnya situasional tergantung kondisi di lapangan.

"Jika ekskalasi meningkatkan akan kita tutup jalan Merdeka Barat, arus lalu lintas akan kita alihkan," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini