Sukses

Peduli Penderita Thalasemia, Relawan Nawasena Gelar Kegiatan Sosial Donor Darah

Ketua organ relawan Nawasena, Johanson atau Acon mengatakan, seyogyanya manusia sebagai makhluk sosial memiliki naluri simpati dan empati, setia kawan, toleransi, dan tolong-menolong.

Liputan6.com, Jakarta - Baru genap 2 minggu sejak Nawasena dideklarasikan pada tanggal 1 Juni 2024 atau bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila, puluhan relawan Nawasena menggelar giat sosial dan kemanusiaan dengan melakukan aksi donor darah di Unit Transfusi Darah (UTD) RS. Fatmawati, Jakarta Selatan, pada hari Sabtu, (15/6/2024)

Donor darah itu sendiri khusus diberikan untuk kebutuhan anak-anak penderita Thalasemia, sebagaimana diketahui bahwa Thalasemia merupakan kelainan darah yang disebabkan oleh kelainan hemoglobin akibat ketidakmampuan sumsum tulang membentuk protein yang dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin yang menyebabkan kerusakan pada sel darah merah, sehingga penderitanya mengalami anemia atau kurang darah.

Ketua organ relawan Nawasena, Johanson atau Acon mengatakan, seyogyanya manusia sebagai makhluk sosial memiliki naluri simpati dan empati, setia kawan, toleransi, dan tolong-menolong.

Kemudian, kata dia, naluri-naluri tersebut akan menciptakan masyarakat yang baik, harmonis, dan rukun sehingga timbul norma, etika, serta sopan santun yang dianut oleh masyarakat.

Sementara itu, Salah seorang Pembina Nawasena, Martin Telussa menambahkan bahwa, teman-teman relawan Nawasena sangat berkomitmen untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan kesehatan bagi mereka yang membutuhkan.

Menurutnya, relawan nawasena, merupakan para individu yang bersemangat dan memiliki kepedulian tinggi terhadap kesehatan serta keselamatan sesama, dimana hal tersebut merupakan masalah yang sering terjadi di masyarakat kita.

Sementara itu, Pendiri dan deklarator Nawasena Ricky Gusnanto menyebut, keberadaan organ relawan NAWASENA diyakini bukan saja bekerja hanya pada masalah masalah yang ada di masyarakat, tetapi NAWASENA diharapkan mampu menjadi perekat kebangsaan, NAWASENA dipandang dapat menjembatani antara kepentingan masyarakat dan Negara.

"Organ relawan NAWASENA harus mampu menjadi media penyalur aspirasi di tengah melemahnya kepercayaan terhadap adab dan etika para Pemimpin Negara saat ini termasuknya dengan partai politik yang ada," tuturnya mengakhiri percakapan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Organ Relawan Nawasena Hadir Bertepatan 1 Juni Hari Lahir Pancasila

Sabtu 1 Juni 2024 merupakan hari bersejarah untuk teman-teman relawan di Jakarta Selatan, karena bertempat di Resto Rumah Pohon, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Organ Relawan Nawasena resmi dideklarasikan oleh ratusan orang anggota relawan ex Ganjar1st Presidium Jakarta Selatan.

Ketua relawan Ganjar1st Jakarta Selatan Johanson (Acon) beserta beberapa pendiri Nawasena melakukan transformasi nama relawan dari Ganjar1st Jakarta Selatan, mengingat militansi para relawan tersebut yang masih bersemangat untuk terus berjuang menjaga Bangsa dan Negara dari keterpurukan akibat ulah para pemimpin bangsa dan negara yang menodai nilai-nilai etika dalam bernegara.

Ricky Gusnanto, salah seorang pencetus organ Nawasena mengatakan bahwa "Mencermati peta perpolitikan yang semakin membingungkan bagi masyarakat warga negara, perlu adanya suatu gerakan dari anak bangsa untuk ikut serta mengawal semua kebijakan pemerintah agar tidak jauh melenceng dari norma-norma kaidah bertata negara yang baik dan benar," kata Ricky.

"Untuk itu Nawasena hadir sebagai wadah bagi para relawan yang berkonsentrasi untuk melakukan koreksi dan masukan bagi kelangsungan bernegara yang baik, melalui jalur-jalur yang dibenarkan menurut aturan yang berlaku," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Berpihak kepada Rakyat

Ditambahkan oleh Martin Telussa, yang juga salah seorang deklarator, bahwa keberadaan Nawasena saat ini akan menambah organ-organ relawan yang berpihak kepada rakyat, sehingga Nawasena akan menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin berjuang bersama teman-teman relawan Nawasena demi tegaknya keadilan dan kesejahteraan di negara yang kita cintai.

"Semoga ke depan Nawasena bisa menjadi partner bagi teman-teman organ relawan seperjuangan dan partai politik yang terus berjuang untuk kebaikan bangsa dan begara," ucapnya mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini