Sukses

Istana Sebut Seharusnya Harun Masiku Bisa Ditangkap dalam Waktu Dekat

Kepala Staf Presiden Moeldoko meyakini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dapat menangkap buronan kasus korupsi, Harun Masiku.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Staf Presiden Moeldoko meyakini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dapat menangkap buronan kasus korupsi, Harun Masiku.

Mantan calon legislatif (caleg) PDI Perjuangan (PDIP) itu sudah menjadi buronan sejak 2019.

"Mestinya, mestinya bisa," kata Moeldoko kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Dia enggan berbicara banyak soal Harun Masiku. Moeldoko juga tak mengetahui apakah Presiden Joko Widodo atau Jokowi memantau perkembangan kasus tersebut.

"Ya enggak ngerti aku, emang gua Jaksa apa," ucap Moeldoko.

Sebelumnya, Kusnadi, Staf dari Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, selesai menjalani pemeriksaan oleh penyidik KPK sebagai saksi dalam kasus pencarian buronan Harun Masiku (HM).

Dia mengatakan, pemeriksaan berjalan seputar isi dari ponselnya yang disita oleh penyidik KPK beberapa waktu lalu.

"Ya masih (soal isi hp)," kata Kusnadi kepada awak media di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (19/6/2024).

Namun Kusnadi menegaskan, tidak ada isi dalam ponselnya percakapan terkait Harun Masiku dengan Hasto. Menurut dia, isi ponselnya hanya sebatas administrasi pembayaran pertunjukan wayang.

"Tidak ada percakapan HM, pembayaran wayang kemarin itu aja kok," jelas dari anak petani bawang ini.

Meski tidak pernah ada pembicaraan soal Harun Masiku, Kusnadi berkata jujur dirinya pernah berjumpa dengan sosok buronan KPK yang sudah hampir lima tahun tersebut.

"Ya pernah," singkat dia.

Saat ditegaskan kapan kali terakhir Kusnadi bertemu Harun dan dimana lokasinya, dia enggan menjawab dan menyudahi sesi wawancaranya dengan masuk ke dalam kendaraan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kata Menkumham Yasonna Laoly soal Keberadaan Harun Masiku

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly buka suara apakah Imigrasi telah melacak keberadaan buron kasus korupsi, Harun Masiku.

Yasonna mengatakan, tidak mengetahui soal perkembangan keberadaan Harun Masiku.

"Oh itu saya enggak tahu. Saya enggak tahu (apakah terpantau Imigrasi)," kata Yasonna Laoly di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (20/6/2024).

 

3 dari 3 halaman

Enggan Bicara Banyak

Juru bicara KPK Tessa Mahardhika mengatakan, pihaknya belum dapat menyampaikan secara detil ke publik terkait hasil pemeriksaan Kusnadi. Menurut dia, pencarian buron Harun Masiku masih berporses dan publik diharap bersabar.

"Secara detail kami belum bisa memberi informasi, karena masih berproses kita tunggu aja prosesnya," singkat Tessa kepada awak pers, seperti dikutip Kamis (20/6/2024).

Tessa menjelaskan, pemeriksaan belum bisa dibuka ke publik karena menjadi kewenangan penyidikan. Dia berharap, keterangan Kusnadi bisa menyibak misteri di mantan mantan caleg PDIP tersebut bersembunyi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.